Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Boarding System PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 28 May 2008
Dengan kesadaran bahwa rancangan catur dharma yang mengedepankan dakwah islamiyah sebagai unsur dominan dalam mengkristalkan misi UII adalah menjadi tanggung jawab seluruh civitas akademika dan alumni UII. Misi ini menghendaki agar UII dapat mencetak muslim intelek yang memiliki integritas keilmuan dan kepribadian islami yang berakar pada tauhid. Keterkaitan ilmu pengetahuan duniawi dan ukhrawi perlu dibangun dalam menjalin kelindan yang kokoh. .

Berdasarkan pada harapan dan pemikiran tersebut, maka UII kemudian menawarkan program rekruitmen mahasiswa unggulan yang mana nantinya, para peserta yang lulus seleksi akan dibina secara intensif dalam sebuah lembaga pesantren, yang dikombinasikan dengan pendidikan reguler strata satu (S-1) di fakultas yang ada di UII, sesuai dengan minat dan kemampuannya, sehingga diharapkan nantinya bisa menghasilkan lulusan (output) sebagaimana yang dicita-citakan oleh UII. .

Pondok Pesantren UII diresmikan oleh Bupati Sleman pada tanggal 2 Oktober 1996. Program ini pada tahun pertama (tahun ajaran 1996-1997) diperuntukkan bagi Fakultas Syari?ah dan Fakultas Tarbiyah (sekarang Fakultas Ilmu Agama Islam), sedang untuk tahun kedua dan seterusnya dibuka untuk seluruh fakultas yang ada di lingkungan UII. Karena keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, sampai saat ini pesantren UII hanya ditujukan bagi mahasiswa (santri putra).

Idealisme awal dibukanya program pesantren ini adalah dihasilkannya lulusan (output) yang akan kembali dan mengabdi di daerahnya masing-masing. Namun dalam perjalanan waktu, idealisme awal ini mengalami pergeseran dan kepada lulusan diberikan ruang pengabdian yang lebih fleksibel, tanpa ada keharusan untuk kembali ke daerah asalnya. Kebijakan ini diambil dengan berbagai pertimbanganm di antaranya yaitu agar pelaksanaan pengabdian dapat dilakukan secara lebih efektif dan optimal, serta memberikan kemashlahatan yang jelas, bagi masyarakat (umat) secara umum maupun bagi lingkungan lembaga UII sendiri.

Visi:
Menjadi lembaga kaderisasi umat terdepan dalam mencetak sarjana muslim yang unggul, yang memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, komitmen dan kemampuan dakwah yang tinggi, keluasan ilmu, ketajaman analisis dan kematangan profesional melalui proses pendidikan yang integratif dan komprehensif.

Misi:
Mengantarkan santri untuk menjadi sarjana muslim yang handal, dengan kualitas akidah, akhlak, intelektual, spiritual dan profesionalitas yang mumpuni dan terdepan dalam pembinaan umat.



Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map