Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
6 Dosen FIAI UII Presentasi Paper di Konferensi Internasional Abu Dhabi University PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 17 March 2016

ImageSetiap akademisi perguruan tinggi dituntut untuk bisa berkontribusi menyumbangkan pemikirannya bagi penyelesaian problematika kemanusiaan. Termasuk, dalam hal ini adalah, bagaimana kemudian akademisi menyikapi orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus (difabel) dalam konteks pendidikan. Berkenaan dengan itu, enam dosen Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) presentasi paper di Abu Dhabi University, Uni Emirat Arab (UEA).

Mereka hadir di The International Conference on Inclusive Education: Education for Diversity. Acara berlangsung di Abu Dhabi University (Jaami’ah Abuu Dhabbiy), Abu Dhabi UEA, Selasa-Kamis 06-08 Jumadil Akhir 1437 H/15-17 Maret 2016. Salah satu presenter yaitu Dra. Sri Haningsih, M.Ag., mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan paper tentang Dedikasi Profesional Akhmad Sholeh untuk Pengembangan Pendidikan Inklusif. Sebagai mana diketahui bahwa Akhmad Sholeh adalah seorang difabel alumnus FIAI UII yang sudah menjadi doktor.

Presenter lain Drs. AF Djunaidi, M.Ag., mengangkat tema tentang Penyelesaian Masalah Mental yang Dihadapi Siswa Difabel di Komunitas Inklusif. Selanjutnya, Drs. Aden Wijdan Syarif Zaidan, MSI., memilih topik tentang Sukarelawan terhadap Kesuksesan Pendidikan Inklusif. Kemudian, Lukman, S.Ag., M.Pd., presentasi tentang Penyelesaian Masalah Materi Pembelajaran untuk Difabel dengan Penelitian dan Pengembangan dalam Pendidikan.

Sementara itu, Siska Sulistyorini, S.Pd.I., MSI., presentasi tentang Praktek Kelas Bahasa Inklusif di UIN Sunan Kalijaga. Terakhir yaitu Anisah Budiwati, SHI., MSI., memilih pembahasan mengenai Pengembangan Kampus Inklusif di Yogyakarta. “Semua lini (peserta dan pembicara konferensi) mendukung pendidikan inklusi. Hal ini sesuai dengan konten Islam yang rahmatan lil ‘aalamiin,” ujar Sri Haningsih dalam acara yang didukung oleh Kementerian Pendidikan Tinggi dan Penelitian Saintifik UEA tersebut.

Harapannya, ke depan UII yang berbasiskan Islam dapat berkontribusi dalam konteks pendididan inklusi. Dalam rangka mendukung hal ini, para presenter akan diseminasi hasil konferensi di Badan Pengembangan Akaademik (BPA) UII. “Paper yang kami tulis juga sangat konprehensif dan saling melengkapi. Lebih dari itu pendidikan inklusi di UII akan diintegrasikan dengan Learning Innovation Center (LIC) Pendidikan Agama Islam (PAI) FIAI,” lanjutnya.

Keberangkatan para presenter dari FIAI UII ke Abu Dhabi sepenuhnya didukung oleh UII. “Bagi saya (dosen baru) merasa sangat terfasilitasi. Sebab UII bisa membantu dosen-dosennya untuk berkarya di kancah internasional,” ujar Anisah Budiwati. “Semoga bisa memberi inspirasi bagi dosen-dosen lainnya untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Konferensi ini membuka cakrawala pengetahuan dosen untuk berpikir global tetapi tetap tidak meninggalkan kearifan lokal,” lanjutnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map