Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa Statistika Raih Juara 1 LKTI Nasional PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 23 March 2016

ImageDua mahasiswa Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII), Achmad Kurniansyah Thalib dan Devita Putri Mardyanti menambah raihan prestasi UII setelah berhasil menjadi juara 1 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika Universitas Mulawarman (Himasta Unmul) di Samarinda Kalimantan Timur.

Dengan mengusung tema “Penguatan Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Upaya Peningkatan Ekonomi” mahasiswa angkatan 2014 dan 2013 tersebut pada babak final berhasil menyingkirkan puluhan peserta yang berasal dari PTN dan PTS dari seluruh Indonesia. Acara yang digelar di Gedung Prodi Statistika Fakultas MIPA di Jl. Barong Tongkok Kampus Gunung Kelua Samarinda Samarinda Kalimantan Timur pada hari Minggu (13/3) tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Jambore Statistika V. Selain lomba karya tulis ilmiah, pada kesempatan tersebut juga diadakan berbagai lomba diantaranya Olimpiade Statistika, Cerdas Cermat Statistika, Karya Tulis Ilmiah dan Workshop Statistika bagi siswa SMA.

Devita Putri Mardyanti, salah satu anggota tim menyatakan bahwa tema utama bagi peserta luar Kalimantan adalah “Peran Statistika dalam Menyelesaikan Problematika Nasional dalam Upaya Percepatan Pembangunan Daerah” sedangkan untuk peserta dalam Kalimantan adalah “Statistika dalam Menyelesaikan Problematika Lokal dalam Upaya Percepatan Pembangunan Daerah”. Menurutnya, proses untuk kegiatan lomba bidang karya tulis ilmiah sudah dimulai sejak awal tahun 2016, yaitu 1 Januari-1 Februari 2016 pendaftaran peserta, 21 Februari 2016 terakhir pengumpulan paper, 28 Februari 2016 pengumuman yang masuk 5 besar dan 13 Maret 2016 presentasi babak final. “ Pada babak final tim dari Statistika UII berhadapan dengan tim dari Universitas Balikpapan dan tim UII berhasil meraih nilai tertinggi,” cetusnya.

Dia menambahkan bahwa alasan memilih tema tersebut adalah karena UMKM mampu bertahan dalam krisis moneter yang pernah melanda Indonesia, selain itu, UMKM menyokong Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar, yaitu sebesar 59,3%. Ekspor UMKM juga mampu memperkenalkan produk Indonesia ke luar negeri. MEA yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun ini memberikan peluang besar bagi Indonesia untuk memperkenalkan produknya melalui UMKM. Apabila UMKM mampu melewati MEA dengan sukses, maka Indonesia dapat maju dalam perdagangan. Sebaliknya, apabila UMKM tidak mampu menjalankannya, maka masyarakat Indonesia akan menikmati produk-produk luar negeri dan akan meninggalkan produk Indonesia. “Dari data tersebut kami ingin melakukan penelitian bahwa UMKM mampu mempercepat pertumbuhan perekonomian nasional,” imbuhnya. Tim Statistika UII besutan dosen pembimbing Ashmadini Handayani Rahmah, S.Si., MM. tersebut berhak memboyong piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan dari panitia.


Kaprodi Statistika Fakultas MIPA UII, Dr. Raden Bagus Fajriya Hakim, M.Si. saat dikonfirmasi terkait raihan dua mahasiswanya mengungkapkan bahwa prodi selalu mensupport dan mendukung penuh setiap kegiatan mahasiswa. Apalagi yang bersifat lomba atau kompetisi baik tingkat regional ataupun nasional. “Salah satu bentuk dukungan dari prodi adalah dengan menugaskan dosen untuk membimbing dan mendampingi para mahasiswa sampai hasil karya tersebut layak untuk dikompetisikan dan disandingkan dengan karya dari perguruan tinggi lain,” tuturnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map