Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Elsevier Paparkan Kiat-Kiat Penulisan Jurnal Ilmiah Internasional PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 31 March 2016

ImageMenulis jurnal apalagi untuk diterbitkan di lembaga jurnal internasional masih menjadi tantangan tersendiri bagi para peneliti dan dosen di Indonesia. Penulisan jurnal internasional memiliki syarat-syarat ketat yang harus dipenuhi sehingga jurnal mereka dapat dimuat. Selain itu, terdapat kaidah-kaidah penulisan jurnal ilmiah internasional yang juga luput dari perhatian peneliti. Elsevier, sebuah lembaga yang berpengalaman dalam penerbitan jurnal dunia berbagi kita-kiat sukses dalam menulis, mempersiapkan, dan menerbitkan jurnal ilmiah. Acara yang dikemas dalam bentuk workshop ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa UII di Gedung Prof. Dr. Sardjito, kampus terpadu UII, Kamis (31/3).

Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc dalam sambutannya mengatakan menulis dan menerbitkan jurnal adalah dua skill penting yang penting dimiliki oleh setiap sivitas akademika. Menerbitkan jurnal ke dalam publikasi ilmiah menurutnya membutuhkan kemauan dan strategi agar berhasil. Hanya jurnal yang terpilih dan berkualitaslah yang memiliki kesempatan untuk dimuat. Hal ini seringkali menjadi kendala bagi para dosen dan peneliti yang belum memahami betul strategi dalam menerbitkan jurnal di tingkat internasional.

“Untuk itu UII selalu mendorong para dosen, mahasiswa, maupun peneliti agar menjadi penulis aktif di bidangnya masing-masing. Dorongan ditunjukkan dengan mengadakan workshop dan pelatihan penulisan jurnal secara berkala”, terangnya. Kali ini, workshop diselenggarakan oleh Direktorat Perpustakaan UII. Menurutnya, hal ini harus terus digalakkan jika UII ingin mewujudkan cita-cita sebagai universitas berbasis riset.

Salah seorang pemateri workshop, Valerie Teng-Brough menjelaskan bahwa jurnal yang baik setidaknya memiliki beberapa unsur. Ia mengungkapkan seperti kejelasan dan kebaruan ide, mengikuti alur berpikir yang logis, mengikuti metode ilmiah, dan signifikan hasilnya. Ia selalu menekankan agar penulis memperhatikan detail-detail jurnal, seperti abstrak, judul, dan penggunaan Bahasa Inggris.

“Patut diperhatikan bahwa editor tidak akan membenarkan Bahasa Inggris Anda yang keliru di dalam jurnal. Mereka akan melihat dari abstrak makalah Anda, apakah ditulis dengan bahasa yang baik dan mampu menjelaskan sekilas apa yang Anda paparkan dalam jurnal”, ujar senior publisher Elsevier asal Amsterdam itu. Jika mereka menemukan terlalu banyak kesalahan dalam abstrak, maka besar kemungkinan makalah akan ditolak meski sebenarnya isinya sangat menarik.

Selain itu, hal lain yang sangat disorotinya adalah masalah etika menulis. Saat ini, etika menulis menjadi tantangan besar dalam dunia ilmiah karena semakin banyak ditemukan pelanggaran etika, seperti plagiarisme dan manipulasi data penelitian. Ia berharap para peneliti menghindari pelanggaran-pelanggaran tersebut karena hal itu dapat merusak karier akademis mereka.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map