Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII Kembali Terjunkan Mahasiswa Ke Desa-desa PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 07 April 2016

ImageProgram kuliah kerja nyata (KKN) sebagai salah satu sarana perguruan tinggi untuk melakukan pengabdian masyarakat harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh mahasiswa, di dalam program KKN semua mahasiswa dituntut untuk mampu berkontribusi nyata dalam membantu masyarakat menghadapi permasalahan yang ada.

Sebagaimana disampaikan Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. saat melepas 239 mahasiswa KKN UII pada Selasa (5/4) di Halaman Gedung Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB).  “Hal ini penting sebab mahasiswa adalah aktor yang dapat membawa perubahan positif di tengah masyarakat lewat kapabilitas intelektual dan semangat kepedulian yang mereka miliki.” Papar Dr. Harsoyo.

Selain itu, Rektor juga menyampaikan bahwa KKN dapat menjadi media yang tepat untuk menyemai nilai-nilai dakwah Islamiyah. Rektor menggarisbawahi bahwa dakwah tidak terbatas dengan memberi ceramah di mimbar tetapi dapat juga dengan menunjukkan akhlak yang terpuji dan pribadi yang cerdas kepada masyarakat. “Terlebih sebagai kampus yang bernafaskan nilai-nilai Islam, kita semua berkewajiban mendakwahkan nilai-nilai Islam kepada masyarakat. Mereka pun tentunya juga mengharapkan Anda semua mampu menyampaikan dakwah yang santun. Saat ini banyak daerah-daerah yang mengharapkan jadi lokasi KKN UII.” Tandasnya.

Disampaikan Direktur Direktorat PEnelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII Prof. Dr. Akhmad Fauzy, M.Si.,Ph.D., pelaksanaan KKN Semester Genap Tahun Ajaran 2015-2016 kali ini berjumlah 239 orang dan tersebar ke beberapa daerah di Provinsi DIY dan Jawa Tengah seperti Piyungan, Kemalang, Pakem, Sleman dan Sedayu. “Lokasi KKN kali ini terletak di 6 Kecamatan yang terdiri dari 9 desa dan 45 dusun.” Ujarnya.

Ia menyatakan pihaknya pun terus berupaya agar pelaksanaan program KKN dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Di antaranya dengan memberikan pembekalan yang intensif kepada mahasiswa sebelum diterjunkan ke lokasi KKN sehingga mereka dapat jeli membaca problem yang dihadapi masyarakat dan mampu mencarikan solusinya.

“Sebelum diterjunkan, para mahasiswa kami telah memperoleh berbagai pembekalan mulai dari pesantrenisasi/pembinaan keagamaan, pembinaan keprodian, dan pembekalan bidang. Dalam pembekalan KKN periode ini juga kami memberikan pembekalan tentang K3 sehingga mahasiswa dapat meminimalisir terjadinya insiden kecelakaan kerja”, tegasnya.

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map