Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Dosen Arsitektur UII Memperoleh Penghargaan dari UK PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 07 April 2016

ImageAdalah Dr. Yulianto Purwono Prihatmaji, ST., MT. penerima penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Ratu Elizabeth (Inggris) dalam kegiatan kerjasama antara Kementerian Riset, Tekhnologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) bersama Pemerintah Inggris tentang  kemitraan penguatan dan pendanaan riset dan inovasi bersama dengan nama UK-Indonesia Science Technology Fund di Gedung D Kemristekdikti, Senayan, Jakarta Pusat (23/3).

Kemitraan tersebut merupakan kerjasama yang bertujuan membawa kegiatan riset dari Indonesia ke level internasional, sekaligus memperkuat peran sains dan teknologi dalam menunjang pembangunan. Penghargaan diterima Yulianto Purwono Prihatmaji atas dedikasinya sebagai peneliti menjadi pengakuan NEWTON FUND RESEARCHER LINK – UK sebagai peneliti yang mewujudkan terjalinnya kemitraan antara Universitas Islam Indonesia dengan Nottingham University.

Penghargaan ini diserahkan kepada Yulianto Purwono Prihatmaji oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik sekaligus menyampaikan bahwasannya Pemerintah Inggris berkomitmen untuk menganggarkan 10 juta poundsterling sampai tahun 2021 demi mendukung pengembangan dan penguatan riset dan inovasi di Indonesia.

“Kedepannya kemitraan ini akan diperluas dengan keikutsertaan lembaga pendanaan riset independent yang akan melengkapi peran Kemristekdikti dalam riset dan inovasi. Dalam jangka panjang, semoga program ini memberikan dampak yang signifikan terhadap pembangunan dan pengembangan sistem riset dan inovasi di Indonesia,” ujar Moazzam Malik dalam sambutannya.

Kegiatan utama dari UK-Indonesia Science & Technology Fund berbentuk call for research proposal dalam bidang kesehatan, ketahanan pangan, ketahanan energi, pengembangan kota berkelanjutan, ketahanan bencana serta maritim. Salah satu bentuk kegiatannya adalah pemberian dana hibah penelitian Instutional Links kepada 7 kemitraan riset RI-UK terpilih dan dana penyelenggara lokakarya peneliti Researcher Links yang diberikan kepada 5 institusi terpilih.

Dalam kesempatan tersebut Menristekdikti RI Mohamad Nasir mengatakan jika kemitraan instansinya dengan negeri Ratu Elizabeth II itu bertujuan membawa kegiatan riset Indonesia ke tataran internasional, sekaligus memperkuat peran sains dan teknologi dalam menunjang pembangunan.

Dijelaskan, salah satu bentuk kegiatan UK-Indonesia Science & Technology Fund, yakni pemberian dana hibah penelitian Institutional Links kepada tujuh kemitraan riset RI-UK terpilih dan dana penyelenggaraan lokakarya peneliti Researcher Links yang diberikan pada lima institusi terpilih. Diketahui, proses seleksi bersama telah dilakukan mulai pertengahan tahun 2015.

Kegiatan Institutional Links dan Researcher Links akan diselenggarakan setiap tahun oleh British Council dan Kemenristekdikti. Kesempatan selanjutnya akan dibuka pada bulan April 2016. Sementara itu, kegiatan call for proposal lainnya akan dilaksanakan bersama dengan Medical Research Council, Research Council UK, British Academy dan Royal Academy of Engineering.

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map