Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa Diharapkan Mempunyai Sense of Crisis PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 08 April 2016

ImageLembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum UII menginisiasi diselenggarakannya diskusi dan seminar nasional dengan tema pembicaraan anak negeri, pada 6-7 April 2016, di Balai Utari Gedung Mandala Bhakti Wanitama, Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil dari diskusi dan seminar selanjutnya dituangkan dalam buku, sebagai sumbangsih mahasiswa akan berbagai persoalan bangsa.

Disampaikan Syarif  Nurhidayat, SH., MH., selaku dosen pendamping penyelenggaraan kegiatan, forum diskusi dan seminar nasional dihadiri mahasiswa dari ragam daerah. Seperti diantaranya delegasi mahasiswa dari Universitas Pattimura, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Cenderawasih. Ada juga perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi di Makassar, serta delegasi mahasiswa dari seluruh universitas di Yogyakarta. “Kegiatan diskusi ini memunculkan banyak permasalahan yang dibahas dan muncul ide-ide anak bangsa terkait permasalahan yang dihadapi. Hasil diskusi selanjutnya dirangkum dan kemudian dijadikan buku,” ungkapnya.

Dituturkan Syarif  Nurhidayat, seminar nasional pembicaraan anak negeri berangkat dari kegelisahan mahasiswa Fakultas Hukum akan banyaknya masalah yang dihadapi oleh negeri ini. Jalannya sesi seminar seperti dipaparkan Syarif  Nurhidayat terbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama diisi oleh Ahli Persaingan Usaha UII, Dr. Siti Anisah, SH., MH. dan kandidat doktor Program Pascasarjana Fakultas Hukum UII, Drs. Amin Bendar, MH. Berikutnya pada sesi ke dua dilangsungkan kajian dalam sisi pidana, seperti permasalahan di Indonesia tertkait Hukum Materiil. Sementara sesi terakhir dalam seminar nasional membahas dari persoalan sisi Hukum Tata Negara.

Lebih lanjut disampaikan Syarif  Nurhidayat, diselenggarakannya seminar nasional untuk memberikan dorongan semangat kepada mahasiswa agar menjadi agen yang kritis cerdas dan berintegritas. Mahasiswa diharapkan mempunyai sense of crisis untuk memberikan solusi-solusi akan persolan yang didiskusikan.

Sementara disampaikan Dr. Siti Anisah, penindakan terhadap oknum-oknum yang mengeksploitasi SDA masih sulit dilakukan secara optimal sampai saat ini. Menurutnya aturan hukum dalam pengelolaan mineral dan tambang di Indonesia masih sangat abstrak. Hal ini mengakibatkan terjadinya penentangan antara UU dengan aturan di bawahnya.

Sedangkan pembicara lainnya Amin Bendar menyinggung pengelolaan SDA yang perlu melibatkan masyarakat adat agar keberlangsungannya tersebut tetap terjaga.  Menurutnya limbah yang dihasilkan penambangan, banyak yang tidak dikelola dengan baik, padahal limbah-limbah tersebut bisa saja mengandung racun yang membahayakan.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map