Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII Jaring Peluang Kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Perancis PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 12 April 2016

ImageUniversitas Islam Indonesia (UII) terus meningkatkan upaya untuk memperluas kerjasama dengan perguruan tinggi di kawasan Eropa Barat. Perancis adalah salah satu negara Eropa Barat yang belakangan ini gencar meningkatkan promosi kerjasama akademik. Hal ini nampak dari adanya forum tahunan yang digelar di Perancis untuk menjembatani hubungan antara perguruan tinggi Perancis dengan Indonesia. Peluang ini kemudian ditindaklanjuti oleh UII dengan turut bergabung di dalamnya. Forum bernama Joint Working Group (JWG) 2016 itu diselenggarakan Universite de La Rochelle, Perancis pada 5-6 April 2016. Puluhan wakil universitas-universitas Indonesia dan Perancis turut meramaikan forum tersebut.

“Meskipun ini kali pertama UII bergabung, namun kami sudah menargetkan untuk menjaring kerjasama strategis dengan beberapa universitas Perancis”, ungkap Direktur International Program UII, Wiryono Raharjo, Ph.D belum lama ini. Wiryono mengungkapkan ada dua universitas yang telah intens berdiskusi dengan UII, yakni Université Savoie Mont Blanc (USMB) dan Université Féderalé Tulouse.

Memenuhi undangan USMB, pembicaraan kerjasama kemudian dilanjutkan di kampus USMB yang berlokasi di Chambéry, dekat perbatasan Perancis dengan Swiss. Salah satu arah kerjasama yang potensial untuk dikembangkan dengan universitas ini adalah program gelar ganda di tingkat S-2 dan program “collaborative teaching”. Bidang-bidang yang terkait dengan pengelolaan energi terbarukan, mulai dari energi matahari sampai biomass menjadi salah satu kekuatan universitas ini. Selain itu juga bidang teknik sipil, mountain science, pariwisata, informatika, dan manajemen.

Sementara itu pembicaraan dengan wakil Université Féderalé Tulouse yang dilangsungkan di La Rochelle (Rabu, 6 April 2016) berlanjut dengan komitmen untuk mengembangkan kerjasama di bidang hukum, karena salah satu keunggulan mereka adalah di bidang tersebut. Université Féderalé Tulouse merupakan hasil merger dari beberapa universitas di wilayah Perancis Selatan, sehingga memiliki mahasiswa lebih dari 100 ribu. Komunikasi dengan universitas ini nantinya akan relatif mudah karena memiliki kantor perwakilan di Jakarta.

Ditambahkan oleh Wiryono bahwa Perancis adalah salah satu dari sedikit negara di Eropa yang memberikan subsidi besar bagi pendidikan tinggi, sehingga biaya kuliah di negeri menara eiffel itu sangat murah (kira-kira 300 Euro per tahun). Ini menjadikan perguruan tinggi di Perancis layak untuk dipertimbangan sebagai tujuan studi mahasiswa Indonesia.

Namun demikian, sebelum berkuliah di sana, mahasiswa harus memiliki bekal kemampuan Bahasa Perancis yang baik. Untuk menyiasati hal itu, UII dapat bekerjasama dengan IFI dalam memberikan pelatihan Bahasa Perancis bagi calon mahasiswa. Sebagai contoh, untuk program 1 + 1 di tingkat S-2, mahasiswa diwajibkan untuk belajar Bahasa Perancis di tahun pertama, sebelum melanjutkan kuliah di Perancis di tahun kedua. Metode ini diterapkan oleh UI Jakarta, dan cukup berhasil. Ini tentu menjadi tantangan bagi pengelola program, jika ingin mengembangkan program mobilitas internasional untuk menjadikan program yang ditawarkan lebih kompetitif.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map