Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa PBI UII Ingin Seni Budaya Indonesia Dikenal di Australia PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 15 April 2016

ImageMeski bertetangga dekat, tidak semua warga Australia mengenal Indonesia. Bahkan tidak sedikit warga Australia yang mengetahui Indonesia hanya sebatas Bali sebagai tempat pariwisata dunia. Padahal Indonesia memiliki kekayaan seni budaya tradisi yang sangat kaya dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan seni budaya ini memiliki potensi untuk dikenalkan kepada warga Australia sehingga menambah ketertarikan mereka untuk berkunjung ke wilayah Indonesia lainnya.

Hal inilah yang menjadi motivasi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) untuk sebanyak-banyaknya mengenalkan seni budaya Indonesia kepada warga Australia, khususnya pelajar SMA. Seperti diketahui, PBI UII rutin memberangkatkan mahasiswanya untuk mengadakan PPL di beberapa SMA yang ada di Australia. Sebelum berangkat, masing-masing mahasiswa telah intens mempelajari salah satu seni budaya Indonesia yang juga akan diajarkan kepada siswa di sana.

Sebagaimana disampaikan oleh Astri Hapsari,S.S., M.TESOL, salah seorang dosen PBI UII yang turut mempersiapkan keberangkatan para mahasiswa itu. “Selama kurang lebih 10 tahun, PBI UII selalu mengirimkan perwakilan mahasiswanya untuk magang di beberapa SMA yang ada di Australia. Mitra rutin kami di antaranya Mornington, Dromana, dan Rosebud Secondary College di kota Melbourne”, tuturnya di sela menjadi juri penampilan seni para mahasiswa PBI UII. Terdapat beragam kesenian yang ditampilkan mahasiswa dalam kesempatan tersebut, seperti tari Sireh dari Lombok, tari Radap Rahayu dari Banjar, dan tari Piring dari Sumatera Barat. Acara berlangsung di Hall FPSB UII, Kamis (15/4). Tahun ini diharapkan ada 5 mahasiswa yang dapat diberangkatkan.

ImageDi samping diwajibkan untuk menguasai salah satu seni budaya Indonesia, para mahasiswa juga dituntut untuk dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung di balik budaya itu. Hal ini tidak lain agar selama berada di Australia, mereka benar-benar menjadi duta budaya yang mumpuni. Adapun kegiatan mahasiswa selama di Australia meliputi kegiatan belajar mengajar dan pengajaran Bahasa Indonesia kepada para siswa SMA selama 2 minggu.

Mila Minhatul Maula, salah seorang mahasiswi PBI UII, mengaku sangat bersemangat untuk dapat mengikuti program PPL ke Australia. “Saya ingin mengikuti program ini agar dapat mengajarkan Bahasa Indonesia kepada siswa-siswa di sana yang notabene tidak memahami bahasa kita. Ini sangat menarik”, kata gadis asal kota Temanggung ini.

Di samping itu, ia juga ingin melihat lebih dekat model pendidikan yang diterapkan pada siswa SMA di negeri kangguru sebab Australia dikenal memiliki sistem pendidikan yang baik. Untuk program seni budaya, ia tertarik membawa kesenian asal Papua yaitu berupa Tari Yamko Rambe Yamko. Menurutnya, tarian itu tidak terlalu sulit dipelajari dan memiliki gerakan yang enerjik sehingga akan menarik bila diajarkan pada siswa SMA.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map