Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Jajaki Kerjasama Pemberdayaan Masyarakat, PUM Netherlands Senior Experts Kunjungi UII PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 13 April 2016

ImageSmall Medium Enterprise (SME) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Sektor UMKM mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak, untuk itu sektor ini perlu diperhatikan lebih serius oleh pemerintah. Kendala yang sering dihadapi oleh UMKM adalah sulitnya mendapatkan modal dari bank, alasannya karena UMKM kebanyakan masih not-bankable, tidak ada pembukuan keuangan yang baik, serta tidak ada perencanaan bisnis yang matang.

Adalah PUM Netherlands Senior Experts, salah satu lembaga dari Belanda yang konsen terhadap pengembangan UMKM dan kewirausahaan di berbagai negara termasuk Indonesia. Pengembangan tersebut dilakukan dengan mendatangkan ahli strategi bisnis untuk mendampingi UMKM mengatur dan mengelola usahanya dengan baik. Sampai dengan saat ini, PUM telah mengantarkan banyak UMKM di Indonesia dari yang awalnya hanya bisnis biasa menjadi UMKM dengan omset yang menggiurkan.

Dalam rangka mengembangkan kerjasama yang lebih luas, PUM pada hari ini (14/04) melakukan kunjungan ke Universitas Islam Indonesia (UII) di wakili oleh Mr. George Coster selaku Country Coordinator Indonesia, dengan didampingi oleh para ahli dari PUM yaitu Mr. Nico Van Hauvel dan S.R. Yuyun Yunastuti.

Kunjungan dari PUM diterima langsung oleh Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., di Ruang Sidang VIP Lantai 3, Rektorat UII, Gedung GBPH Prabuningrat. Selain itu hadir pula dalam penerimaan kunjungan tersebut Direktur Direktorat Pemasaran, Kerjasama, dan Alumni (DPKA) UII Hangga Fathana, SIP., B.Int.St., MA., serta beberapa dosen dari Fakultas Ekonomi UII yang sebelumnya pernah melakukan kerjasama juga dengan PUM.

Dalam sambutannya, Harsoyo menyampaikan bahwa UII membuka kesempatan yang lebar bagi lembaga lain untuk melakukan kerjasama, terlebih lagi dalam bidang pemberdayaan masyarakat. “Kunjungan ini tentu bisa menjadi pintu pembuka bagi kerjasama yang akan kita lakukan di masa mendatang, kita juga bisa berdiskusi mengenai kerjasama di bidang apa saja yang bisa kita lakukan,” ungkapnya.

Sementara itu George Coster menambahkan bahwa selama ini PUM juga telah bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata di Yogyakarta, kedepan juga akan ada banyak proyek yang membutuhkan keterlibatan mahasiswa. “PUM dan UII barangkali bisa memulai dari situ, kerjasama pendampingan pemberdayaan masyarakat di beberapa sektor, bahkan UII juga sudah memiliki model pemberdayaan masyarakat yang bagus seperti KKN dan Sekolah Lurah,” pungkasnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map