Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Psikolog UII Diharapkan Kembangkan Nilai Islam dalam Ilmu Psikologi PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Sunday, 17 April 2016

ImageUniversitas Islam Indonesia (UII) kembali menyelenggarakan prosesi sumpah psikolog yang pada kali ini memasuki periode ke-29. Acara sumpah psikolog yang diikuti oleh 7 psikolog wanita dan 3 psikolog laki-laki ini berlangsung di Gedung Auditorium FPSB UII pada Sabtu (16/4).Pada kesempatan tersebut, para psikolog baru UII diajak untuk turut mengembangkan nilai-nilai Islam ke dalam ranah ilmu psikologi. Hal ini dinilai penting, karena masuknya nilai-nilai spiritualitas Islam diharapkan dapat menjadi kajian baru untuk memberi solusi permasalahan psikologis.

Seperti disampaikan Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) wilayah DIY, Drs. Helly Soetjipto, MA di hadapan psikolog baru UII.MenurutHelly Soetjipto, integrasi nilai-nilai Islam ke dalam ilmu psikologi menjadi tantangan baru yang harus dipecahkan. Sebab menurutnya ilmu psikologi yang dipelajari selama ini cenderung bersifat sekuler atau keilmuan murni.

“Manusia pada dasarnya memiliki empat nafsu, yaitu keinginan untuk mencukupi kebutuhan hidup, keinginan untuk berkembang biak, keinginan untuk mencari harta, dan keinginan untuk mencari ketenangan. Selama ini yang diajarkan kan bagaimana cara mengelola dan memaksimalkan empat itu, belum mengarahkannya untuk mencapai spiritualitas kepada Tuhan”, ujarnya.

Karena hanya dikelola dan dimaksimalkan, seringkali manusia tidak mencapai ketenangan hidup namun justru berujung pada stres dan kegelisahan. Oleh karena itu, ia berpendapat psikolog Islam dapat mencari cara bagaimana mengembangkan metode ilmiah untuk menjawab permasalahan itu.

Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para psikolog UII yang baru diambil sumpahnya. Menurutnya, profesi sebagai psikolog merupakan suatu hal yang mulia sebab dalam menjalankan aktifitasnya para psikolog sering bersentuhan dengan nilai-nilai kemanusiaan. Mempelajari ilmu psikologi jika dilandasi semangat tersebut akan menjadi ladang amal bagi para psikolog.

Ia juga menekankan banyaknya permasalahan hidup yang dihadapi masyarakat saat ini membuat mereka rentan terkena stres. Psikolog dapat berperan memberikan layanan konseling bagi masyarakat yang membutuhkannya sehingga dapat meringankan beban mereka.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map