Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pembinaan Profesi Insinyur Tingkatkan Kompetensi Insinyur Indonesia PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 22 April 2016

ImageUntuk menghasilkan pembangunan-pembangunan berkualitas, Indonesia membutuhkan sumberdaya insinyur yang kompeten dan berkualitas. Proyek pembangunan yang tengah didorong pemerintah di seluruh Indonesia harus mampu ditangani oleh insinyur lokal. Terlebih dengan terbukanya pasar tenaga kerja asing, tingkat kompetisi antar insinyur diprediksi akan semakin ketat. Oleh karena itu, insinyur Indonesia perlu untuk terus mengasah kompetensi profesionalnya baik melalui pendidikan dan pelatihan. Sebagaimana tergambar dalam acara Pembinaan Profesi Insinyur (PPI) yang digelar oleh Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII bersama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Workshop yang diadakan di Ruang Dekanat FTSP UII pada Jum’at (22/4) itu diikuti oleh dosen dan insinyur dari berbagai perguruan tinggi. Dalam kesempatan itu, juga ditandatangani nota kesepahaman antara Dekan FTSP UII, Dr.-Ing. Ir. Widodo, M.Sc dengan

Wakil Rektor UII, Dr.-Ing. Ilya Maharika, MA dalam sambutannya mengatakan dinamika profesi insinyur nasional yang semakin berkembang sekarang tidak terlepas dari adanya perubahan di level internasional. Indonesia meski tergolong lambat dalam merespon dinamika itu, namun saat ini tengah bergerak cepat untuk mengejar ketertinggalan. Seperti dengan mengembangkan sertifikasi dan pendidikan profesi bagi para insinyur nasional. Dengan bergabungnya Indonesia dalam ASEAN Economic Community, peningkatan daya saing profesi insinyur menjadi hal yang tak bisa lagi ditawar.

Dr.-Ing. Ilya Maharika menambahkan, UII sebagai perguruan tinggi juga terus mendorong sivitas akademikanya, baik dosen maupun mahasiswa untuk mengejar sertifikasi profesi. “Tahun ini kita menganggarkan dana yang cukup besar agar para dosen dapat segera melengkapi sertifikasi profesi sesuai dengan keahlian yang dimilikinya”, ungkapnya. Menurutnya, insinyur Indonesia juga harus berperan dalam mensejahterakan masyarakat dengan cara menghasilkan pembangunan yang berkualitas.

Sementara itu, perwakilan PII Wilayah DIY, Ir. Akhmad Suraji, MT, Ph.D menyampaikan sejalan dengan amanat UU No. 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran, program sertifikasi bagi insinyur profesi teknik merupakan keharusan untuk menjamin kualitas jasa insinyur profesional. Selain itu, melalui program sertifikasi ini diharapkan menjadi rujukan standar bagi profesi insinyur untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia di pasar terbuka.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map