Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Dokter Diminta Berperan Turunkan Angka Kematian Ibu PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Monday, 25 April 2016

ImageMeski termasuk negara yang dinilai memiliki kemajuan positif dalam pembangunan kesehatan, Indonesia masih menghadapi masalah serius tingginya angka kematian ibu (AKI). Di beberapa provinsi, AKI menjadi permasalahan kesehatan yang sulit untuk diturunkan. Padahal dalam Sustainable Development Goals (SDGs), Indonesia menetapkan target maksimal AKI 70 kematian per 100.000 kelahiran hidup. Tingginya AKI tersebut memerlukan perhatian serius dari tenaga kesehatan, seperti dokter kandungan, bidan, dan dokter umum. Peran dokter dinilai berperan signifikan khususnya dalam memberikan edukasi dan pendampingan agar masyarakat lebih konsen dalam memperhatikan kesehatan kepada ibu hamil.

Seperti disampaikan oleh Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc ketika memberikan sambutan dalam acara pengambilan Sumpah Dokter Periode XXXIII yang digelar oleh Fakultas Kedokteran (FK) UII pada Sabtu (23/4) di Auditorium Kahar Muzakkir UII. Sumpah dokter kali ini diikuti oleh 18 dokter baru UII yang terdiri dari 7 laki-laki dan 11 perempuan. Pengambilan sumpah kali ini juga melengkapi jumlah dokter yang menjadi alumni di Fakultas Kedokteran UII menjadi 1.127 orang.

Menurut Dr. Harsoyo, faktor dominan penyebab kematian ibu pada saat melahirkan didominasi oleh perdarahan dan eklamsia. Namun demikian, faktor lain yang perlu disorot yakni masih belum meratanya pertolongan persalinan oleh bidan atau tenaga kesehatan terlatih. “Khususnya di provinsi atau daerah dengan fasilitas kesehatan minim sangat rawan terjadi melahirkan tanpa didampingi tenaga kesehatan terlatih”, ungkapnya. Oleh karena itu, ia mendorong agar para dokter baru UII juga berperan menurunkan AKI di wilayah kerjanya masing-masing.

Sementara itu, Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes.,Sp.Pk menyampaikan agar dokter baru yang disumpah dapat menjalankan amanah sebagai dokter secara profesional dan senantiasa mengedepankan nilai-nilai Islam, baik ketika berpraktik maupun berada di tengah masyarakat. Ia juga berpesan agar para dokter baru di manapun ditugaskan selalu tetap menjalin silaturahim dengan para alumni UII dan Ikatan Keluarga Alumni yang sudah tersebar di seluruh provinsi.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map