Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Maqashid Syari’ah Perlu Diaktualisasi dengan Persoalan Kontemporer PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 20 April 2016

ImageMaqashid syari’ah (tujuan diterapkannya hukum syariah) adalah kajian dalam hukum Islam yang selalu menarik dan terus berkembang. Berkenaan dengan itu, Program Paskasarjana (PPs) Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Universitas Islam Indonesia (UII) merespon dengan mengadakan Seminar Internasional tentang Maqashid Syari’ah dan Tantangan Kontemporer (Maqaashid Syarii’ah: Rukyah Mandzuumiyyah min ajli Muwaajahati at-Tahaddiyaat al-‘Aalamiyyah al-Mu’aashirah).

Hadir sebagai pembicara utama dalam seminar tersebut, Prof. Jasser Auda, Ph.D. Ia merupakan dosen di Karleton University, Kanada sekaligus sebagai Ketua Ma’had Maqashid. Jasser Auda dikenal sebagai ilmuan kontemporer yang mengelaborasi maqashid syari’ah dengan perspektif modern. Beberapa bukunya telah banyak dikaji di Indonesia. Salah satu masterpiece-nya adalah Maqasid al-Shariah as Philosophy of Islamic Law.

“Saya senang sekali bertemu saudara sekalian di Indonesia, yang terkenal sebagai negara Islam terbesar, khususnya di UII yang merupakan universitas tertua di Indonesia,” tuturnya di hadapan peserta seminar di Demangan Baru, Sabtu, 08 Rajab 1437 H/16 April 2016.

Jasser Auda mengajak peserta untuk mengkaji maqashid syari’ah secara kontekstual sehingga lebih mampu menjawab tantangan zaman. “Karena banyak persoalan kontemporer yang tidak muncul pada fikih klasik, seperti soal lingkungan misalnya,” paparnya.

“Saya cukupkan sekian. Terimakasih, saya berharap bahwa makna sudah mengalir lewat ruh bukan lewat layar,” tuturnya mengakhiri presentasi dan kemudian dilanjutkan tanya jawab. Selain menjadi narasumber utama Seminar Internasional, Jasser Auda turut menjadi penguji (promotor) disertasi dalam ujian tertutup promovendus atas nama Aly Abdoel Mun’iem, M.Si.

Dalam seminar tersebut, hadir sebagai pembicara lain, Dr. H. Tamyiz Mukharrom, MA (Dekan FIAI). Sebelumnya, Tamyiz juga telah melakukan riset tentang Jasser Auda tepatnya tentang “Respon Dosen Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Yogyakarta Terhadap Konsep Ushul Fiqh Jasser Auda”. Turut mendampingi, Dr. Drs. H. Hujair AH Sanaky, MSI (Direktur PPs FIAI) dan Aly Abdoel Mun’iem, MA (penerjemah).

Selaku Dekan FIAI, Tamyiz mengapresiasi Seminar Internasional yang dihelat PPs FIAI. “(Acara ini) baik untuk merumuskan maqashid yang holistik, yang sifatnya lebih ke publik dari sekadar individu. Seperti hifdzu an-nafs atau hifdzu al-maal yang bersifat publik. Jadi perumusan maqashid tidak hanya seperti yang sudah ada,” tuturnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map