Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Etos Kerja Islami Perlu Dibudayakan di Lingkungan Kerja PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 29 April 2016

ImageBekerja dengan dilandasi semangat untuk beribadah dan mengedepankan profesionalisme merupakan bagian dari etos kerja Islami. Kedua semangat tersebut perlu untuk terus ditanamkan kepada segenap sivitas akademika UII. Dengan menerapkan hal itu, tidak hanya akan memberi dampak positif bagi kemajuan kampus namun juga kemajuan diri sendiri sebagai individu. Sebagaimana dianjurkan dalam Al-Qur’an, bahwa seorang muslim dianjurkan untuk terus melakukan peningkatan diri sehingga ia menjadi individu yang lebih baik dari hari sebelumnya.

Sebagaimana tergambar dalam acara pelatihan bertema “Mengelola Etos Kerja Islami” yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) UII di Gedung Perpustakaan UII, Jum’at (29/4). Pelatihan itu diikuti oleh setidaknya 60 tenaga kependidikan dari beberapa fakultas di lingkungan UII. Tujuan diadakannya pelatihan adalah untuk memberikan tambahan ilmu kepada para tendik UII tentang wawasan etos kerja dari sudut pandang Islam.

Turut hadir membuka pelatihan ini, Wakil Rektor III UII, Dr. Abdul Jamil, SH, MH. Sementara bertindak sebagai pemateri, Drs. H. Syafaruddin Alwi, MS yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Badan Wakaf UII.

Dalam paparannya, Drs. Syafaruddin Alwi menjelaskan bahwa etos kerja merupakan sesuatu yang mendorong seseorang untuk termotivasi memberikan yang terbaik ketika bekerja. Jika dikaitkan dengan ajaran Islam, hendaknya setiap orang berusaha menyemai kebajikan di tiap kesempatan yang ditemuinya di lingkungan kerja. Menyemai kebaikan maksudnya ringan tangan dalam membantu orang-orang di sekitarnya, seperti mempermudah urusan mahasiswa atau stakeholder lainnya. Menurutnya, dalam memandang etos jangan membanding-bandingkan dengan orang lain, namun berkacalah pada diri sendiri.

“Dari awal kita harus memiliki value dalam memandang apakah UII hanya sebagai tempat bekerja atau wadah berprestasi”, ujarnya. Jika melihat tempat kerja sebagai wadah berprestasi maka akan timbul semangat untuk melakukan yang terbaik.

Selanjutnya ia juga menambahkan bahwa di dalam Al-Qur’an Surat Al-Jumuah ayat 10 terdapat pedoman yang bisa digunakan seorang muslim dalam bekerja. Di antaranya bekerja diawali dengan ibadah (Sholat dan berdoa), rajin mencari karunia Allah yang bertebaran di muka bumi, dan mengingat Allah sebanyak-banyaknya agar beruntung.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map