Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
42 Dokter Muda UII Siap Jalani Pendidikan Klinik PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 29 April 2016

ImagePendidikan pra klinik memiliki perbedaan mendasar dengan Pendidikan klinik karena para calon dokter dalam menjalani proses pendidikan klinik memiliki resiko yang cukup besar bahkan setara dengan dokter yang sebenarnya. Berbeda halnya dengan pendidikan pra klinik yang cenderung lebih banyak mempelajari teori sehingga tidak memiliki resiko.

Demikian disampaikan oleh Wakil Rektor I Dr. Ing. Ilya Fadjar Maharika, MA.,IAI.,saat memberikan bekal dalam prosesi pengambilan Janji Dokter Muda di Gedung Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Indonesia (UII), Jumat (29/4). Menurutnya, beda substansial antara pendidikan pra klinik dan pendidikan klinik atau koas adalah resiko. “Oleh karena itu para dokter muda harus tahan dengan ujian mental dari semua resiko yang ada.” Ujarnya.

“Sebagai seorang dokter, saudara-saudara harus bisa mengelola mental, dokter akan menjadi skrup harapan bagi pasien, karena menjadi perantara dari Allah untuk membantu kesembuhan pasien. Maka dari itu, harus memiliki mental yang kuat dan selalu yakin kepada Allah”. Paparnya.

Ia juga mengingatkan kepada para dokter muda yang akan mulai bertugas pada tanggal 9 Mei  mendatang untuk senantiasa berdoa kepada Allah dalam menjalankan tugas sebagai dokter karena dengan berdoa menjadi bukti bahwa para dokter meyakini yang mampu memberikan kesembuhan hanyalah Allah SWT. “Jangan lupa untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT. Kami berharap saudara-saudara sekalian menjadi agent of integration human knowledge, dengan begitu in sya Allah saudara-saudara akan menjadi dokter yang baik.” Tegasnya.

Direktur RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, dr.  Setyarini, M.Kes.

 menyambut baik 42 dokter muda yang akan menjalani pendidikan klinik di Rumah Sakit yang ia pimpin. Ia berharap para dokter muda UII dapat menjalani pendidikan klinik secara maksimal, dan terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan yang ada di RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso seperti apel pagi, kegiatan keislam di masjid dan lain sebagainya.

Ia juga mengingatkan bahwa para dokter harus serius dalam menjalani pendidikan klinik agar memiliki kemampuan yang baik guna menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “pada era MEA persaingan akan semakin ketat, banyak sekali negara di ASEAN yang sudah mulai menempatkan diri di Indonesia. Oleh karena itu, maka dokter harus siap bersaing.” Paparnya.

Lebih lanjut ia berpesan agar para dokter tidak hanya fokus pada tujuan-tujuan dunia namun juga akhirat sehingga apa yang dilakukan selalu diniatkan untuk ibadah. “Kami berharap dokter yang lulus dari RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri menjadi dokter yang baik dan qona’ah yang tujuan hidupnya tidak hanya di dunia namun juga di akhirat.” Ujarnya.

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map