Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
FMIPA UII Perluas Jaringan Kerjasama dengan Perguruan Tinggi di Luar Negeri PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 03 May 2016

ImageUniversitas Islam Indonesia (UII) saat ini telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri. Hal itu memiliki peran penting dalam rangka meningkatkan daya saing  universitas di tengah era globalisasi. Salah satu fakultas di UII yang gencar melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Kerjasama yang dilakukan oleh FMIPA UII dengan perguruan tinggi di luar negeri merupakan salah satu usaha untuk memperluas jaringan universitas dalam upaya proses internasionalisasi di UII.  Saat ini FMIPA UII telah menjalin kerjasama intens dengan beberapa perguruan tinggi seperti: Universitas Rhode Island (Amerika Serikat), Chulalongkorn University (Thailand), Universitas Islam Internasional Malaysia (Malaysia), Universiti Teknologi Malaysia (Malaysia), dan Universitas Teknologi MARA (Malaysia).

Demikian seperti yang dijelaskan oleh Dekan FMIPA UII Drs. Allwar, M.Sc., Ph.D., ketika ditemui langsung di Ruang Dekan Gedung FMIPA, Selasa (03/05). Pihaknya menjelaskan bahwa perluasan kerjasama ini penting untuk meningkatkan daya saing global FMIPA UII mengingat MEA 2015 sudah mulai dilaksanakan. “Saat ini arah kerjasama perguruan tinggi harus mulai melihat ke luar, internasionalisasi pendidikan harus mulai digalakkan,” ungkapnya.

Ketika disinggung mengenai komitmennya terhadap perluasan jaringan, Allwar menyampaikan bahwa saat ini FMIPA UII terus memberikan motivasi kepada dosen ataupun mahasiswa untuk mengambil studi lanjut ke luar negeri. “Alumni UII yang meneruskan studi lanjut ke luar negeri dengan sendirinya akan menjadi ikon soft promotion untuk memperluas jaringan di sana, apalagi yang sudah menjadi public figure ketika kembali ke tanah air, UII akan melekat dalam pribadi orang tersebut,” lanjutnya.

Seperti diketahui beberapa waktu lalu sekitar 20an mahasiswa dari Universitas Rhode Island Amerika Serikat datang ke FMIPA UII untuk belajar bersama mengenai farmasi dan obat-obatan termasuk produk hasil FMIPA UII, Minyak Atsiri. “Itu adalah bukti nyata kerjasama yang selama ini sudah dilakukan,” lanjut Allwar.

Kerjasama FMIPA UII dengan perguruan tinggi luar negeri yang terbaru adalah dengan Prince of Songkla University (PSU), Thailand. Sebagai bentuk nyata kerjasama tersebut, rencananya bulan Juli mendatang FMIPA UII akan menerima kedatangan 4 mahasiswa PSU Thailand yang mengikuti perkuliahan selama dua minggu. “Kita juga sudah menyiapkan satu dosen untuk dikirim ke sana dalam rangka memberikan visiting lecture di depan mahasiswa PSU Thailand sekitar bulan Agustus mendatang,” pungkasnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map