Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pustakawan dan Guru Diajak Rajin Menghasilkan Karya Tulis PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Sunday, 01 May 2016

ImageProfesi guru sebagai pendidik selain dituntut memiliki kompetensi mengajar yang mumpuni juga diharapkan produktif dalam menghasilkan karya tulis. Hal ini guna memenuhi kualifikasi sertifikasi profesi guru dan menunjang jenjang kenaikan pangkat di instansi tempatnya mengabdi. Hal demikian juga berlaku bagi pustakawan, pengelola perpustakaan, dan tenaga-tenaga kependidikan yang lain. Untuk itulah pengembangan potensi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan dalam menghasilkan karya tulis ilmiah perlu untuk terus didorong.  

Sebagaimana tergambar dalam seminar regional bertemakan "Cara Mudah Membuat Karya Tulis Bagi Pustakawan dan Guru" yang diadakan di ruang Aula Utara Gedung Prof. Ace Partadiredja, Fakultas Ekonomi (FE) UII Condong Catur pada Sabtu (30/4). Acara tersebut diadakan oleh pustakawan FE UII bekerjasama dengan Ikatan Pustakawan Idonesia (IPI) Pengurus Daerah (Pengda) Kabupaten Sleman. 80 peserta yang terdiri dari  pustakawan dan guru TK, SD, SMP / MTs dan SMA / MAN di Yogyakarta nampak menghadiri acara tersebut.

Disampaikan oleh Dekan FE UII, Dr. D. Agus Harjito, M.Si bahwa seminar regional diselenggarakan untuk mengembangkan potensi diri bagi para pustakawan, pengelola perpustakaan, pemerhati perpustakaan, dan guru. Secara khusus acara juga diselenggarakan untuk memeriahkan acara Milad ke 73 UII. “Kita tentunya hampir semuanya sudah diberitahu caranya menulis, cara membuat artikel, buku-buku, dan training tentang menulis. Tapi sayangnya belum semuanya terpantik untuk menulis”, ungkapnya.

Menurutnya, salah satu tugas dosen dan guru adalah menulis di mana dalam menulis ada pengetahuan dan juga skill yang dicurahkan. Ia berharap kegiatan ini setelahnya akan menggugah keinginan para guru untuk segera menulis dan tak lupa juga Dekan FE UII memohon doa dari para peserta agar UII khususnya FE UII tetap bisa membawa misi rahmatan lil ‘alamin.

Pemateri dan narasumber yang hadir dalam seminar ini, antara lain Prof. Ahmad Fauzi, S.Si., M.Si. Ph.D (Direktur DPPM UII) yang menjelaskan cara mudah membuat karya tulis. Pemateri lainnya Drs. St. Kartono, M.Hum (Guru Bahasa Indonesia di SMA Kolese de Brito Yogyakarta, dosen di beberapa perguruan tinggi, penulis buku dan beberapa surat kabar termasuk Kompas Gramedia) memberikan materi “Trik Jitu Menembus Media”. Sedangkan moderator dalam acara ini adalah Drs. H. Muh. Qomarudin M.Pd.I (Kemenag. Kab. Sleman).




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map