Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Universitas Ibnu Khaldun Belajar Pengelolaan Perpustakaan dan Kemahasiswaan Bersama UII PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 17 May 2016

ImagePerpustakaan sebagai jantung ilmu di perguruan tinggi memiliki peranan yang sangat penting. Keberadaan perpustakaan sangat menunjang aktifitas civitas akademika dalam belajar dan memperdalam materi. Oleh karena itu, sarana perpustakaan harus selalu berkembang mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju. Hal inilah yang menjadi perhatian rombongan Universitas Ibnu Khaldun (UIKA), Bogor ketika melakukan kunjungan ke UII pada Senin (16/5). Kunjungan berlangsung di Ruang Auditorium, Lantai 2 Gedung Perpustakaan pusat UII dan disambut oleh segenap pimpinan UII.

Disampaikan oleh Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc, sebagai sesama universitas yang berasaskan Islam, ia menilai UII dan UIKA harus intens dalam menjalin komunikasi dan silaturahmi untuk menguatkan keunggulan institusi. “Semoga melalui kunjungan ini ada manfaat dan pelajaran yang dapat dipetik untuk kemudian dibawa pulang ke kampus”, ujarnya.

Sementara, perwakilan UIKA, Dr. H. Ruhendra, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang Akademik mengatakan pihaknya sejak awal ingin mengetahui bagaimana UII mengelola perpustakaan agar menjadi sarana belajar yang memenuhi kebutuhan sivitas akademika. Menurutnya, kampusnya juga tengah mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk merevitalisasi sarana dan prasana perpustakaan.

Hal ini kemudian ditanggapi oleh Wakil Rektor I UII, Dr.-Ing. Ilya F. Maharika, MA yang menyatakan bahwa arah pembangunan perpustakaan di UII adalah untuk mewujudkan knowledge based enterprise. Perpustakaan bukan sekedar sarana menyimpan dan meminjamkan buku semata namun juga diarahkan sebagai unit yang mampu terus memproduksi ilmu pengetahuan serta mendokumentasikan ilmu-ilmu yang diajarkan oleh para dosen di UII. Hal tersebut juga diamini oleh Direktur Perpustakaan UII, Joko Sugeng P., S.IP, M.IP.

Pada sesi tanya jawab, berlangsung diskusi yang cukup menarik antara Dr. Ruhendra dan Wakil Rektor III UII, Dr. Abdul Jamil, SH, MH tentang pemberdayaan mahasiswa yang ideal. Menurut Dr. Abdul Jamil, Rektorat sebagai pemegang otoritas harus membangun kedekatan yang egaliter dengan segenap elemen kemahasiswaan. Selanjutnya, kampus juga harus menyediakan ruang dan dukungan yang memadai bagi aktifitas positif mahasiswa sehingga mereka dapat menghasilkan prestasi di berbagai kancah perlombaan yang mengharumkan nama kampus.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map