Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII Sukses Gelar IUADC 1 2016 PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 17 May 2016

ImageDemi menjalin silaturrahim antar perguruan tinggi dan mengenalkan sistem debat Arab yang baru, Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar First Indonesia Universities Arabic Debating Championship (IUADC 1) 2016. Lomba yang dilaksanakan dalam rangka Milad UII ke-73 tersebut berlangsung selama 4 hari, Kamis-Ahad, 12-15 Mei 2016.

Turut bertanding dalam lomba tersebut 12 tim dari perguruan tinggi di Indonesia. Dua belas (12) tim tersebut bertanding sebanyak 5 kali untuk memperebutkan tiket menuju 8 besar (ar-Rub’u an-Nihaa-iy). Di 8 besar sistem yang digunakan adalah sistem gugur (knock-out system/shu’uud al-faaiz wa khuruuj al-khaasir). Untuk urutan tanding menggunakan power match system, dimana ranking 1 akan bertanding dengan ranking 8, 2 dengan 7, 3 dengan 6, dan 4 dengan 5.

Setelah melewati perdebatan yang ulet terpilihlah tim dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang sebagai juara 1. Juara 2 diraih oleh Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Pada sesi final mereka mendebatkan tentang ‘Yukminu haadza al-Majlisu anna Man’a Istishlaahi as-Saahil asy-Syimaliy fii Jakarta Dharuurah’ (Dewan ini Percaya bahwa Pelarangan Reklamasi Pantai Utara Jakarta Penting).

Juara pertama berhak mendapatkan piala bergilir, piala juara, dan uang tunai sebesar Rp.5.000.000,-. Juara kedua mendapatkan piala juara dan uang tunai sebesar Rp.3.500.000,-. Best speaker (afdhal al-munaadhir) di sesi final yaitu Muhammad ‘Abdut Tawwab dari UIN Maliki. Sementara juara ketiga diraih oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (juara bersama). Masing-masing mendapatkan piala juara dan uang tunai Rp.2.000.000,-. Final dan Penutupan Acara (al-Jaulah an-Nihaa-iyyah wa Haflah al-Ikhtitaam) dilaksanakan di Auditorium Fakultas Teknologi Industri (FTI) UII Lantai 3, Ahad 15 Mei 2016. Turut memeriahkan acara, Nasyid Syahada, Mr. Radit Vent, dan Tari Saman FTI UII.

Direktur Direktorat Pembinaan Bakat Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa (DPBMKM) UII, Beni Suranto, ST., M.Soft. Eng. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kesuksesan panitia IUADC 1 sekaligus mengundang kembali delegasi peserta lomba untuk kembali berpartisipasi pada kompetisi di tahun depan. Untuk regenerasi, tahun depan UII akan mengadakan kompetisi serupa untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map