Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
FK UII Selenggarakan Konferensi Internasional Membahas Cardiovascular Diseases PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 17 May 2016

ImagePenyakit jantung (cardiovascular diseases) merupakan salah satu penyakit tidak menular yang paling banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia. Penyakit itu terdiri dari hipertensi, stroke, penyakit jantung iskemik, dan gagal jantung. Di Indonesia, prevalensi penyakit jantung rata-rata adalah 9,2% dan bisa mencapai 17,3% pada usia 65 tahun. Prevalensi tertinggi mencapai 16,9% terjadi di Sulawesi Tengah dan prevalensi terendah terendah di Lampung dengan angka 3,5%.

Dalam rangka membahas permasalahan mengenai penyakit jantung dan mencari solusi terbaik dalam mengatasinya, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) menggelar International Conference on Cardiovascular Diseases bertempat di Auditorium Kahar Muzakkir, Senin-Selasa (16-17/05). Konferensi internasional yang mengangkat tema ‘Integrated Approach for Cardiovascular Disease; Basic, Clinical Science, Public Health and Bioethics’ tersebut mengundang pakar-pakar pembicara dari beberapa universitas terkemuka di Asia Tenggara. Diantaranya dari Hokkaido University Jepang Keichiro Yoshinaga, MD., Ph.D., F.A.A.C. sebagai Keynote Speaker, dan juga beberapa pembicara dari An Nur Hospital Malaysia, Syifa Tameer e Millat University Malaysia, FK UII, FK UGM,  German-Indonesia Medical Association, University of Health Sciences Pakistan, dan Ibn Sina Medical College Bangladesh.

Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., yang ikut membuka acara tersebut menyampaikan bahwa Pencegahan penyakit jantung perlu dilakukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengenali gejala dan risikonya. “Gejalanya bisa termasuk nyeri dada, sesak napas, nyeri pada leher, dan mati rasa di kaki, sementara untuk risikonya terdiri dari usia, jenis kelamin, dan riwayat keluarga,” ungkapnya.

Sementara itu Dekan FK UII dr. Linda Rosita, M.Kes., Sp.Pk., menambahkan bahwa penyelenggaraan konferensi internasional ini dimaksudkan untuk meningkatkan kolaborasi antar praktisi dan akademisi di bidang penyakit jantung. “Seminar ini dilaksanakan 2 tahun sekali, untuk tahun ini cukup sukses karena paper yang masuk mencapai 70an lebih”, pungkasnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map