Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Perlu Kiat-Kiat Tertentu Dalam Merespon Dunia Kerja PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 18 May 2016

ImageAlumni Career Center Universitas Islam Indonesia (ACC UII) kembali menggelar acara Career Seminar dengan tema Ways to Get Hired, bertempat di Auditorium Prof. KH. Abdulkahar Mudzakir, Rabu (18/5). Kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari alumi dan mahasiswa UII tampak antusias hadir mengikuti acara. Dua pembicara yang dihadirkan pada penyelenggaraan kali ini yakni Psycologist and Recruitment Specialist, Rama Sughandi, S.Psi., M.P., dan Human Resources Consultant, Tirtana Brachnata, SE., MM. Kedua pembicara ini juga tercatat sebagai alumni UII.

Penyelenggaraan Career Seminar merupakan bagian dari serangkain kegitan yang akan diselenggarakan ditahun ini oleh ACC UII. Setelah ini akan dilanjutkan dengan acara Career Mentoring pada 21-22 Mei 2016, yang mana akan mencakup sektor perbankan, BUMN, teknologi informasi dan pemerintahan. Dalam beberapa bulan kedepan rencananya juga akan kembali diselenggarakan Career Days, yang mana dalam penyelenggaraan sebelumnya menuai respon positif para pencari kerja.

Disampaikan Wakil Rektor III UII, Dr. Abdul Jamil, SH., MH.  dalam sambutannya, melalui penyelenggaran Career Seminar diharapkan dapat membantu para alumni serta para mahasiswa untuk menyiapkan diri setelah masa kelulusannya nanti. Melalui seminar ini para peserta dapat menemukan berbagai kesulitan yang dihadapi atau yang akan dihadapi. “Mempersiapkan diri untuk siap berkompetisi dan menyiapkan diri untuk mempunyai daya saing,” paparnya.

Melalui penyelenggaraan Career Seminar, para peserta juga diharapkan dapat memperoleh informasi dan masukan dalam menghadapi dunia kerja. Disampaikan Dr. Abdul Jamil, perlu kiat-kiat tertentu dalam merespon dunia kerja, terlebih bila melihat prosentase ketersedian tenaga kerja dengan lapangan kerja yang tersedia saat ini.

Sementara itu Rama Sughandi, dalam materinya berbagi kiat-kiat dalam membangun personal branding. Menurutnya kunci “perang” di dunia kerja yakni dengan mengetahui siapa diri kita dan siapa kompetitor kita. Perlu memahami kelebihan dan kekurangan dari diri kita. “Pesonal banding dapat dimulai dengan memahami minat, bakat dan hobi dari diri kita,” tuturnya.

Melalui pesonal banding, seperti disampaikan Rama Sughandi, kita dapat mengetahui apa yang kita butuhkan sesusungguhnya dan mengetahui kekurangan serta kelebihan pribadi. Selain itu menurutnya dengan personal branding kita dapat mengetahui mengapa kita gagal atau sukses dalam suatu hal. Personal branding juga dapat dimanfaatkan untuk merencanakan masa depan secara lebih terarah.

Disampaikan Rama Sughandi beberapa hal dalam membangun personal branding yang perlu menjadi perhatian yakni dengan membangun jaringan profesional. Menurutnya, semakin banyak kita memiliki jaringan dan menjadi penghubung jaringan, semakin banyak kita akan dikenal oleh orang lain.

Lebih lanjut disampaikan Rama Sughandi, kita juga dapat memilih berbagai kegiatan, dengan menjadi petunjuk seseorang untuk mengenal kita seperti mengikuti organisasi dan komunitas. Selain itu juga dengan memilih ketrampilan, dalam hal ini semakin banyak ketrampilan yang kita kuasai semakin kuat pula kredibilitas orang lain terhadap kita.

Tirtana Brachnata selaku pembicara ke dua dalam materinya berbagi tips dalam menghadapi tes melamar pekerjaan. Pertama yang menjadi perhatiaan menutnya yakni pelamar kerja harus yakin terlibih dahulu bahwa posisi atau pekerjaan yang akan dimasuki lewat psikotes benar-benar sesuai dengan kemampuan dan sebaiknya juga sesuai dengan keinginan.

Selain itu menurut Tirtana Brachnata dalam menghadapi test juga perlu persiapan diri dengan istirahat yang cukup. ”Seringkali, seseorang sebenarnya mampu mengerjakan tes. Namun karena ketegangan atau kondisi tubuh yang tidak prima membuat hasil tidak maksimal” Tirtana Brachnata menuturkan.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map