Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Warung Prancis UII Kenalkan Pendidikan di Prancis Bersama Université Fédérale Toulouse PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 20 May 2016

ImageTingginya minat mahasiswa UII untuk menempuh pendidikan di universitas-universitas Eropa mendapat respon dari Warung Prancis UII. Pada Kamis (19/5), Warung Prancis UII menggelar Info Session peluang studi di Prancis bersama perwakilan Université Fédérale Toulouse (UFT). Acara yang berlangsung di ruang kelas timur, GKU Sardjito lantai 3, itu menghadirkan pembicara Ananda Diananti Mackulau, dari kantor perwakilan Université Fédérale Toulouse di Jakarta dan Nur Fitria dari Campus France Yogya. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Science Po (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik), salah satu kampus dibawah naungan UFT.

Nur Fitria dari Campus France Yogyakarta pada kesempatan itu menjelaskan mengapa Prancis menjadi tujuan utama bagi mahasiswa asing untuk studi di Eropa. Menurutnya, Prancis memiliki banyak perguruan tinggi yang berkualitas dan diakui secara internasional. Pemerintah Prancis mengalokasikan 20% dari APBN-nya untuk sektor pendidikan. “Setiap mahasiswa asing yang kuliah di Prancis mendapat perlakuan yang sama dari pemerintah, termasuk mendapat subsidi pendidikan”, katanya. Oleh karena itu, selain memiliki pendidikan yang berkualitas, kuliah di Prancis juga sangat terjangkau.

Sementara pembicara lainnya, Ananda Diananti Mackulau, dari kantor perwakilan Université Fédérale Toulouse Jakarta banyak membahas tentang studi di kota Toulouse, Prancis. Ananda bercerita tentang bagaimana belajar di Toulouse dapat memberikan pengalaman yang menarik sekaligus bermanfaat. Pendidikan di Toulouse sangat sesuai bagi mereka yang berminat melakukan studi di bidang teknik, bisnis, dan ekonomi.

Kota Toulouse terkenal sebagai tempat pembuatan pesawat Airbus, sehingga sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin belajar Aeronautika atau bidang yang berhubungan dengan pesawat terbang. Dalam kapasitsnya sebagai perwakilan UFT di Indonesia, Ananda bertugas membangun relasi antara institusi-institusi pendidikan di Indonesia dan UFT. “Semoga ke depannya, UFT bisa menjalin kerjasama dengan UII melalui program pertukaran mahasiswa dan pengajar, joint research, visiting profferssor, dll”, tutur ananda.

Antusiasme peserta pada pemaparan kedua pembicara di atas terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Seorang mahasiswa dari jurusan Arsitektur misalnya, menanyakan tentang prasyarat khusus bagi mereka yang ingin melanjutkan studi Arsitektur pada jenjang S2. Sedangkan mahasiswa lain dari Teknik Industri menanyakan tentang peluang melakukan short course di Prancis dan khususnya di UFT. Ada pula beberapa mahasiswa yang menanyakan tentang prosedur pendaftaran serta syarat-syarat utama yang harus disiapkan untuk mendaftar, seperti CV, Serifikat DELF B1 atau B2, serta motivation letter. Acara selanjutnya ditutup dengan penyerahan cindera mata kepada para pembicara.

Image 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map