Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Dorong Mobilitas Mahasiswa, UII dan ACICIS Adakan Diskusi Kemitraan PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Monday, 23 May 2016

ImageGlobalisasi di bidang pendidikan banyak membawa arus perubahan, khususnya dengan semakin terbukanya kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti pendidikan di negara lain. Istilah mobilitas mahasiswa pun lazim digunakan untuk menggambarkan fenomena ini. Mahasiswa yang berkunjung ke negara lain tidak hanya untuk menempuh pendidikan, namun belajar hal-hal lain seperti budaya, hukum, politik, dan agama di negara yang dikunjunginya. Hal ini secara tak langsung juga berdampak pada semakin tingginya pemahaman lintas budaya antar bangsa.

Seperti dikatakan Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc ketika membuka acara ACICIS Indonesia Partners Meeting yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemasaran, Kerjasama, dan Alumni (DPKA) UII bekerjasama dengan ACICIS (Australian Consortium for-In Country Indonesian Studies). ACICIS sendiri merupakan organisasi yang mendorong dan memfasilitasi mahasiswa dari Australia, Belanda, dan Inggris untuk belajar di universitas dan lembaga pendidikan di Indonesia.

Acara yang diadakan di Gedung Prof. Dr. Sardjito, kampus terpadu UII pada Senin (23/5) ini juga dihadiri oleh perwakilan mitra universitas ACICIS di Indonesia. Beberapa di antaranya seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Parahyangan Bandung, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Institut Pertanian Bogor. Acara bertujuan meningkatkan kualitas kerjasama di antara mitra sekaligus memetakan tantangan dan peluang yang dapat ditempuh di masa depan.

Menurut Rektor, mobilitas mahasiswa tidak hanya dicapai dengan mengirimkan mahasiswa Indonesia ke luar negeri. Namun hal ini juga bisa dicapai dengan mendatangkan mahasiswa asing untuk mengikuti program di universitas-universitas Indonesia. Program yang ditawarkan tentunya dibuat menarik sehingga menarik banyak peminat. “Sejak tahun 2005 UII dan ACICIS telah menjalin kerjasama. Sampai saat ini setidaknya 21 mahasiswa asing telah berhasil didatangkan ACICIS untuk belajar di UII”, ungkap Rektor.

Sementara itu, Direktur ACICIS, Ms. Elena Williams memberikan apresiasi kepada UII dan mitra-mitra universitas lain atas dukungan yang diberikan bagi program ACICIS di Indonesia. “Beberapa waktu lalu pemerintah Australia meluncurkan kebijakan Colombo Plan yang intinya ingin meningkatkan peran positifnya di kawasan Asia-Pasifik. Dengan dukungan pemerintah, kami berkomitmen mengadakan program-program baru di universitas mitra yang dapat menarik minat mahasiswa Australia”, ujarnya. Ia mengakui jumlah mahasiswa Australia yang tertarik mengikuti program ACICIS terus meningkat. Hal ini karena bertambahnya program belajar yang semakin variatif, seperti hukum, bisnis, dan pertanian yang dapat diikuti mahasiswa negara itu di Indonesia.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map