Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Dosen Komunikasi UII Raih Best Presenter Award dalam Konferensi Internasional di Bangkok, Thailand PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 24 May 2016

ImageMenorehkan prestasi dalam ajang konferensi akademik tingkat internasional nampaknya terus menjadi budaya yang ditumbuhkan di antara para dosen UII. Sebagaimana belum lama ini, dosen program studi Ilmu Komunikasi UII, Nadia Wasta Utami, S.I.Kom., MA berhasil menorehkan prestasi sebagai best presenter award dalam ajang “2nd World Conference on Media and Mass Communication” (MEDCOM). Konferensi akademik internasional yang diadakan pada 21-22 April 2016 di Bangkok, Thailand ini diikuti oleh para peneliti, pakar komunikasi, pemerhati media massa, dan pengambil kebijakan dari berbagai negara.

Setidaknya 100 peserta yang berasal dari 40 negara ikut ambil bagian dalam konferensi tersebut. Adapun penyelenggara konferensi tidak lain adalah The International Institute of Knowledge Management (TIIKM-Sri Lanka) yang bermitra dengan The School of Communication at the University of Northern Colorado, Amerika Serikat.

Disampaikan Nadia Wasta Utami, ia merasa bersyukur atas raihan prestasi yang baru saja diperolehnya itu. “Alhamdulillah, berkah dari Allah SWT serta doa dari semuanya saya bisa pulang membawa ‘oleh-oleh’ ini dari Bangkok. Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi khususnya bagi saya sendiri untuk mendapat pencapaian lain yang lebih baik”, ungkapnya beberapa waktu lalu.

Dalam konferensi tersebut, Nadia Wasta Utami mengetengahkan paper berjudul “The Communication Strategy of the Indonesian Council of Ulama (MUI) in Conflict Resolution of Ahmadiyya in Tasikmalaya”. Dalam makalahnya, ia menganalisis tentang strategi komunikasi yang ditempuh Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mendorong penyelesaian konflik yang melibatkan kelompok Ahmadiyyah di Tasikmalaya. Peran MUI Tasikmalaya yang aktif mendekati masyarakat dan menggandeng institusi pendidikan sebagai media komunikasi telah cukup sukses meredam konflik horizontal di wilayah itu. Hal ini dapat menjadi contoh bagi MUI di daerah lainnya.

Konferensi internasional ini memang banyak menyorot dampak perkembangan teknologi terhadap media dan cara masyarakat dalam berkomunikasi. Perkembangan teknologi turut menuntun cara manusia berkomunikasi di mana komunikasi tanpa tatap muka dengan memanfaatkan media sosial semakin marak. Terlebih dengan dikenalkannya teknologi smart phone yang semakin memudahkan seseorang berkomunikasi. Perkembangan ini perlu direspon melalui kajian yang komprehensif sehingga lebih banyak dampak positif yang dapat dipetik oleh masyarakat sebagai pengguna teknologi tersebut.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map