Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII Raih Kembali Penghargaan sebagai Green Campus dari Indonesia Green Awards 2016 PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 27 May 2016

ImageKomitmen Universitas Islam Indonesia (UII) untuk memberikan kontribusi positif bagi kelestarian lingkungan hidup sampai dengan saat ini terus ditingkatkan. Beberapa upaya telah dan terus dilakukan demi menciptakan lingkungan kampus yang ‘hijau’, diantaranya melalui penghematan konsumsi (konservasi) energi, konservasi air tanah, pengelolaan sampah mandiri, dan pengembangan komunitas.

Keempat aspek itu kemudian diimplementasikan dalam beberapa program termasuk membentuk desain bangunan 80% memiliki sumber pencahayaan matahari, menyebarkan stiker hemat energi, menyediakan sepeda kampus, ruang terbuka hijau, instalasi pengelolaan air minum mandiri, rain water harvesting (RWH) pengelolaan sampah mandiri, dan pendidikan komunitas masyarakat mengenai lingkungan hidup melalui berbagai media.

Nampaknya upaya yang telah dilakukan UII mendapatkan perhatian khusus dari The Latrofi School of CSR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) serta Kementerian Perindustrian RI. Melalui ajang penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2016 sebagai hasil kerjasama dari ketiga lembaga tersebut, UII pada tahun 2016 ini berhasil mendapatkan kembali penghargaan sebagai ‘Green Campus’ setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan yang sama pada tahun 2012 dan 2014 lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Chairman The La Tofi School of CSR yang juga sekaligus sebagai Ketua Komisi CSR Nasional, La Tofi,  kepada Kepala Badan Perencana UII Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, MT., di  Taman Tebet, Jalan Tebet Barat Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (21/05). Seperti diketahui bahwa penyelenggaraan IGA 2016 merupakan ajang apresiasi bagi perusahaan, individu, instansi dan komunitas masyarakat yang peduli terhadap kelestaraian lingkungan. Sampai dengan tahun ini sudah kali ketujuh IGA diselenggarakan.

Menanggapi hal itu, Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., menyampaikan bahwa kampus UII yang seperti sekarang ini tidak datang begitu saja, awalnya kampus UII merupakan lahan gersang, namun berkat usaha penghijauan dan pelestarian lingkungan dari pemimpin-pemimpin terdahulu alhamdulillah saat ini UII menjadi sangat hijau.

“Raihan penghargaan ini patut kita syukuri, namun hal itu bukan merupakan tujuan utama, artinya dengan diraihnya penghargaan ini tidak membuat upaya pelestarian lingkungan di UII menjadi terhenti, karena ada tujuan yang lebih besar yaitu mencapai visi UII menjadi rahmat bagi alam semesta, termasuk rahmat bagi kelestarian lingkungan,” pungkasnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map