Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Warung Prancis UII Diskusikan Persoalan Dominasi Maskulin PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 26 May 2016

ImagePersoalan dominasi gender kini mendapat porsi diskusi yang lebih besar di berbagai ruang publik. Tak terkecuali di lingkungan kampus yang memang menjadi institusi pendidikan sekaligus ruang diskusi berbagai macam isu menarik. Sebagaimana dilakukan Warung Prancis UII yang pada Rabu (25/5) menggelar diskusi mengenai Donimasi Maskulin yang bertempat di ruang kuliah barat GKU Sardjito lt. 3. Forum ini merupakan agenda bulanan Warung Prancis UII yang bertajuk Bincang-Bincang Kritis (BBK). Hadir sebagai pembicara pada kesempatan ini adalah Alif Lukmanul Hakim, S.Fil., M.Fil., dosen unit MKU UII. Diskusi yang berlangsung kurang lebih satu setengah jam ini dimulai pada pukul 10.30 dan dihadiri oleh para mahasiswa di lingkungan UII.

Topik yang diangkat pada BBK kali ini berasal dari sebuah buku karya Pierre Bourdieu yang berjudul Masculin Domination. Bordieu merupakan salah seorang pemikir dan aktifis asal Prancis yang peduli pada isu-isu diskriminasi ras dan gender. Dalam pemaparannya, Alif mengidentifiksi praktek-praktek dominasi lelaki terhadap perempuan yang umum terjadi di sekitar kita. Menurut Alif, dominasi laki-laki terhadap perempuan merupakan hasil dari sebuah konstruksi sosial yang terinternalisasi melalui budaya atau agama. “Pembenaran terhadap diskriminasi perempuan dari sudut pandang agama merupakan bentuk dari pembacaan atau pemahaman agama yang ekslusif dan tidak menyeluruh”, ungkapnya.

Setelah presentasi, banyak peserta yang berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Ada peserta yang bertanya tentang dominasi maskulin yang bisa dilihat dari aspek bahasa. Ada pula yang tertarik mengomentari tentang fenomena ini dalam bidang pemerintahan dan politik secara umum. Kemudian, ada juga yang bertanya tentang cara menyikapi fenomena ini tanpa menimbulkan kesan merendahkan suatu tradisi atau budaya.

Di akhir acara,Warung Prancis UII memberikan cindera mata kepada lima penanya terbaik. Forum BBK akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan oleh Warung Prancis UII. Untuk bulan Juni nanti, Warung Prancis UII bakal menggelar acara serupa dengan topik  yang tentunya tidak kalah menarik.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map