Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Rektor UII Pimpin Rombongan Ziarah ke Makam Para Pendiri PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 01 June 2016

ImageSebagai salah satu agenda Milad UII ke-73, Rabu (1/6), dilaksanakan ziarah agung ke makam para tokoh UII. Rombongan ziarah yang terdiri dari sejumlah pegawai edukatif dan administratif UII ini dipimpin oleh Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. dan Wakil Rektor III Dr. Abdul Jamil, S.H.,M.H.

Melalui kegiatan ini diharapkan civitas akademika UII dapat mengenang jasa dan perjuangan yang telah dicontohkan oleh para pendiri dan para pimpinan UII di masa lalu. Lokasi ziarah pertama yang dikunjungi adalah kompleks pemakaman keluarga besar UGM. Di sini terdapat makam tiga mantan petinggi UII. yaitu, Prof. Dr. H. Ace Partadiredja, Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, M.Sc, dan Ir. R.H.A. Sahirul Alim, M.Sc.

Kiprah ketiganya di UII cukup panjang dan menjadi ujung tombak perkembangan UII yang progresif. Prof. Dr. H. Ace Partadiredja misalnya merupakan rektor periode 1982-1985. Beliau ditetapkan kembali menjadi Rektor pada periode berikutnya hingga tahun 1989. Pada masa kepemimpinannya, pengembangan bidang akademik diupayakan seimbang dengan pembangunan sarana fisik. Selain itu beliau juga konsen terhadap kualitas dosen dengan mendukung kegiatan studi lanjut.

Sementara itu Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti M.Sc merupakan penerus Prof. Dr. H. Ace Partadiredja. Beliau menjabat Rektor pada periode 1990-1994. Pembangunan bidang akademik tanpa mengesampingkan penataan bidang administrasi menjadi titik berat program Prof. Zanzawi selama menjadi rektor. Selama masa jabatannya beliau juga memantapkan penyelenggaraan program karya siswa, pengembangan kurikulum, serta perhatian pada persoalan rasio dosen-mahasiswa. Pada masa kepemimpinannya juga kampus terpadu UII yang berada di Jalan Kaliurang mulai dibangun.

Sedangkan, Ir. R.H.A Sahirul Alim M.Sc. pernah menduduki posisi penting di UII, di antaranya Pembantu Rektor II periode 1973-1978 dan Pembantu Rektor IV (Bidang Keagamaan) periode 1983-1985. Beliau juga sempat menjadi Ketua Badan Wakaf UII pada tahun 2000 hingga 2001.

Rute selanjutnya ialah menuju Taman Makam Pahlawan. Pemakaman yang terletak di Jl. Kusumanegara tersebut terdapat makam Rektor UII periode 1963-1970, yaitu Prof Dr dr Sardjito. Pada peride beliau, beberapa fakultas di lingkungan UII memperoleh status DISAMAKAN dari pemerintah, yaitu Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum. Sebagai tanda penghormatan atas jasa dan prestasi emasnya, nama beliau kini diabadikan menjadi salah satu nama gedung di kampus terpadu UII.

Ziarah dilanjutkan ke makam keluarga Bahoewinangoen di kawasan Rejosari. Di sinilah tempat peristirahatan terakhir Rektor UII yang ke-2, Prof Mr RHA. Kasmat Bahuwinangun. Selama menjabat rektor selama tiga tahun (1960-1963), beliau berhasil membawa UII berkembang lebih maju dengan dibukanya Fakultas Syari’ah dan Tarbiyah.

Rute yang diziarahi oleh rombongan UII selanjutnya adalah ke lokasi pemakaman rektor pertama UII, Prof KH A Kahar Muzakkir di pemakaman Islam Boharen, Kelurahan Purbayan, Kotagede. Beliaulah yang mempin UII pertama kali saat masih bernama STI (Sekolah Tinggi Islam)  pada 8 Juli 1945. Sejarah mencatat bahwa beliau memimpin UII selama 15 tahun dan periode kepemimpinannya inilah dianggap masa terberat dalam sejarah UII ditandai dengan sedikitnya jumlah mahasiswa dan tempat kuliah yang tidak menetap.

Rangkaian ziarah diakhiri dengan mengunjungi makam  GBPH. H.  Prabuningrat di makam Raja-raja Imogiri. Beliau menjabat sebagai ketua Presidium pada tahun 1970-1973. Kampus UII di Jalan Cik Ditiro  adalah satu bangunan yang berhasil dirintis pada periode ini. GBPH Prabuningrat yang namanya diabadikan menjadi nama gedung Rektorat UII ini terpilih sebagai Rektor dalam tiga periode berturut-turut (1973-1978, 1978-1981, 1982-1986). Pada periode yang ketiga, kepemimpinannya hanya berlangsung kurang dari satu tahun karena meninggal dunia pada akhir tahun 1982. Pada masa beliau ini animo masyarakat untuk masuk UII memperlihatkan perkembangan yang sangat signifikan.

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map