Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Asah Kemampuan Berdiplomasi, Komunitas MUN UII Selenggarakan Workshop PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Monday, 30 May 2016

ImageSemakin tingginya tingkat kompetisi dalam konferensi internasional yang mengadopsi model simulasi sidang umum PBB, telah mendorong Komunitas Model United Nations (MUN) UII untuk terus meningkatkan kemampuan anggotanya. Salah satu upaya yang ditempuh yakni melalui penyelenggaraan workshop dan konferensi yang menghadirkan para pembicara kompeten. MUN UII bekerjasama dengan Korps Mahasiswa HI (KOMAHI) UII mengadakan rangkaian acara tersebut yang selama tiga hari (27-29/5) di kampus terpadu UII. Acara tahunan ini diadakan sebagai wadah seluruh mahasiswa UII untuk meningkatkan kemampuan diplomasi, komunikasi serta kritis menanggapi isu global.

Adapun tema yang diusung dalam acara ini, yaitu “Preventing Wars and Conflicts, Maintaining the World Peace”. Hadir sebagai tamu sekaligus pemateri Arko Hananto Budiadi selaku Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Negara Berkembang, Direktorat Jenderal Multilateral, Kementerian Luar Negeri dan Letkol Inf. Y.SK Tarigan yang pernah memiliki pengalaman sebagai Komandan Pasukan Perdamaian PBB di Kongo. Saat ini ia menjabat sebagai Dandim Karanganyar. Kedua narasumber banyak berbagi pengetahuan kepada audiens mengenai bagaimana perdamaian ditegakkan dari sisi politik dan militer.

Para peserta tidak hanya datang dari anggota komunitas MUN UII namun juga mahasiswa UII secara umum yang tertarik dengan bidang diplomasi internasional. Para peserta ini nampak terkesan dengan pengalaman yang mereka rasakan selama mengikuti konferensi tersebut.

Sebagaimana diungkapkan oleh Eky Fasich, mahasiswa FTI UII yang berperan sebagai seorang delegasi salah satu negara Afrika, Senegal. “Dengan peran sebagai delegasi Senegal, tiga hari konferensi ini sangat berkesan bagi saya. Delegasi lainnya juga menunjukan peran yang sangat baik dan kami semua bekerja sama merumuskan solusi untuk isu dunia. Acara ini sangat saya apresiasi dan saya harap UII MUN Conference tahun depan akan lebih baik!”, ujarnya.

Hal senada juga disampaikan peserta lainnya, Himmatun Nafida yang berperan sebagai delegasi Australia. “Board of Dais yang berkompenten, panitia yang ramah juga fasilitas yang baik membuat acara ini sangat berkesan. Semoga tahun depan dapat lebih baik lagi!”, ungkapnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map