Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Psikolog Berikan Perhatian Khusus pada Fenomena Kerusakan Moral Generasi Muda PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 03 June 2016

ImageKasus kekerasan seksual yang marak terjadi akhir-akhir ini bukan merupakan fenomena baru. Data yang didokumentasikan Komisi Nasional (Komnas) Antikekerasan Perempuan, sepanjang 1998-2013 terdapat sebanyak 400.939 kasus kekerasan terhadap perempuan dengan jumlah kekerasan seksual sebanyak 93.960 kasus. Dari data tersebut menunjukkan kekerasan seksual berjumlah hampir seperempat dari seluruh total kasus kekerasan. Jumlah itu sama artinya dengan 35 orang setiap hari menjadi korban kekerasan seksual.

Sedangkan berdasarkan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), pada tahun 2013 terjadi 2.676 kasus kekerasan, di mana 54 persen didominasi kejahatan seksual. Kemudian pada tahun 2014 sebanyak 2.737 kasus dengan 52 persen kekerasan seksual. Terakhir tahun 2015, bukan penurunan justru terjadi peningkatan pengaduan sangat tajam, ada 2.898 kasus di mana 59,30 persen kekerasan seksual dan sisanya kekerasan lainnya.

Demikian data yang disampaikan Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo M.Sc., ketika memberikan sambutan dalam acara Pengambilan Sumpah Psikolog Program Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB) Universiats Islam Indonesia (UII), Sabtu (04/06), yang bertempat di Gedung Auditorium FPSB UII.

Harsoyo juga menambahkan bahwa keadaan saat ini lebih memprihatinkan lagi dengan kenyataan bahwa banyak di antara kasus-kasus pelecehan seksual tersebut justru di lakukan oleh anak-anak.  Hal itu menunjukkan kegagalan berbagai pihak dalam memberikan pendidikan moral kepada generasi muda.

"Dalam moment pengambilan sumpah profesi psikolog kali ini kami berharap nantinya saudara-saudara sekalian dapat memberikan perhatian khusus terhadap fenomena kerusakan moral terutama kasus-kasus kekerasan seksual di kalangan generasi muda yang dari hari ke hari semakin mengkhawatirkan," pungkasnya.

Pengambilan Sumpah Psikolog pada periode ini dihadiri oleh 12 wisudawan/wisudawati yang terdiri dari 3 orang peserta laki-laki dan 9 orang peserta perempuan.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map