Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
IDeX 2016 Asah Kemampuan Mahasiswa Susun Ide Bisnis PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Sunday, 22 May 2016

ImageDewasa ini, perekonomian Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dilihat dari pembangunan infrastruktur yang masif dan lingkungan bisnis yang kondusif. Akan tetapi, tingkat ketergantungan terhadap negara asing masih tinggi. Solusi atas masalah tersebut yakni dengan meningkatkan peran pemuda dalam industri ekonomi kreatif. Di sisi lain, keunggulan kompetitif sangatlah diperlukan untuk mampu berkarya di luar zona nyaman khususnya bagi para calon lulusan universitas.

Untuk mampu menjawab problematika tersebut, International Program Forum IP FE UII menginisiasi “Indonesian Development Exhibition (IDeX) 2016” yang terdiri atas Business Plan Competition dengan tema “Creative Industry to Sustain Indonesia Economy” dan National Seminar yang mengusungtema “Be a Valuable Economic Graduates: How to Develop your Competitive Advantage”.

Presentasi Business Plan Competition dilakasanakan pada Sabtu, 14 Mei 2016 bertempat di Ruang Audio Visual, Perpustakaan Pusat UII. Program ini diikuti oleh 31 tim yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia yang pada akhirnya tersaring lima tim terbaik untuk mempresentasikan rencana bisnis mereka di hadapan para juri. Juri yang hadir dalam kesempatan kali ini yakni Atta Alfa Wanggai (Presiden Bank Mandiri Area Yogyakarta), Denny Neilment (Founder & CEO of Kedai Kopi Espresso Bar), Malik Vegasyah (Ketua Entrepreneur Community FE UII), Istyakara Muslichah, S.E., MBA. (Akademisi FE UII), serta Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) sebagai angel investor. Juara pada kompetisi ini yaitu Vartari dengan bisnis Tom-Sushi sebagi Juara I, Leskly dengan bisnis Egg Shell Jewelry sebagai juara II, and Kawis dengan produk Misdent : Inovasi Sikat Gigi Siwak sebagai juara III. Acara diakhiri dengan kunjungan ke Museum UII dan Kompleks Candi Kimpulan untuk mengetahui sejarah dan landmark UII.

Sebagai acara puncak dari IDeX 2016, National Seminar dilaksanakan pada 21 Mei 2016 bertempat di Hotel Grand Tjokro Jl. Gejayan No. 37, Yogyakarta. Seminar ini dihadiri oleh tiga pembicara yaitu: Prof. H. Mardiasmo, MBA., PhD.,Ak., QIA., CA., CFrA., FCMA., CGMA. (Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia), Herry Zudianto, SE. Akt, MM. (Walikota Yogyakarta 2001-2011), and Yodhia Antariksa (Founder dan CEO PT. Manajemen Kinerja Utama). Seminar yang dipandu oleh Bagus Panuntun, SE, MBA, CWM, CFP. ini juga dihibur dengan hadirnya Fico Fachriza (Runner-Up Stand-up Comedy Indonesia Season 3).

Direktur International Program UII, Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan pentingnya keseriusan dan kesungguhan dalam menyusun mimpi yang telah dibuat. “Program ini sangat positif dan sangat relevan dengan keadaan mayoritas calon lulusan yang belum mampu memutuskan yang terbaik untuk masa depannya, semoga program ini mampu menjawab masalah tersebut”, tambah beliau.

Sesi pertama seminar ini mendiskusikan tentang “Educate People with ‘Merah Putih’ Soul Working Together for the Indonesian People” oleh Prof. Dr. Mardiasmo, MBA, Akt. Sebagai pembicara. Dalam kesempatan tersebut, beliau menitik beratkan pada pentingnya ketulusan untuk mengabdi, integritas, dan profesioanlisme untuk dapat menjadi pribadi yang bermanfaat bagi bangsa. Selain itu, disampaikan juga mengenai success story dalam ranah akademik sampai pada akhirnya belaiu mampu menduduki posisi sebagai Ketua IAI dan Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia. Bapak Herry Zudianto, SE. Akt, MM.

Sebagai pembicara pada sesi kedua menyampaikan pentingnya penciptaan added-value dalam menentukan suatu program. Salah satu isu yang menarik dalam penyampaian Herry Zudianto, SE. Akt, MM. adalah dengan menyelaraskan antara skill entrepreneurship dengan leadership sehingga mampu mengantarkan menjadi transformational leader. Sesi terakhir dalam seminar ini disampaikan oleh Yodhia Antariksa dengan tema “Becoming Great Graduates: Lima Pilar Untuk Meraih Sukses Karir Profesional”. Kelima pilar tersebut yang disampaikan yaitu think positively, be smarter, be resourceful, be confident, and be resilient.

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map