Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Tingkatkan Kerjasama, FH UII Sambut Mahasiswa Pertukaran Pelajar Malaysia PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 09 June 2016

ImageMemasuki bulan Ramadan, tidak mempengaruhi aktifitas kerjasama internasional yang berlangsung di UII. Di awal Ramadan justru menjadi momen bagi sebagian mahasiswa asing untuk merasakan pengalaman mengikuti pertukaran pelajar di UII. Suasana akademik yang khas di UII dan nuansa Ramadan yang istimewa di kota Jogja menjadi daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa asing tersebut. Hal ini sebagaimana tergambar dalam suasana penyambutan 8 orang mahasiswa asing asal International Islamic University Malaysia (IIUM) yang akan mulai mengikuti program pertukaran pelajar di Fakultas Hukum (FH) UII. Acara berlangsung di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung FH UII pada Rabu (8/6).

Disampaikan oleh Ketua Koordinator Student Exchange Program FH UII, Dra. Sri Wartini, M.Hum, Ph.D, bahwa kedatangan para mahasiswa IIUM tersebut merupakan bagian dari kerjasama yang telah lama dibina di antara UII dan IIUM. “Jadi mereka akan tinggal selama 19 hari di kota Jogja dan ikut belajar bersama para mahasiswa FH UII nantinya”, ungkap Sri Wartini.

Selama tinggal di Jogja, para mahasiswa IIUM tidak hanya diajak untuk mengikuti kegiatan akademik, seperti kuliah, seminar, dan diskusi namun juga mengenal aspek-aspek budaya yang menjadi daya tarik kota Jogja itu sendiri. “Seperti pengalaman di tahun sebelumnya, banyak mahasiswa Malaysia yang terkesan dengan budaya dan keramahan warga Jogja. Ini juga membuat mereka betah untuk mengikuti program student exchange di UII”, tambahnya.

Sejalan dengan minat para mahasiswa Malaysia yang berasal dari bidang hukum, mereka juga akan diajak mengunjungi beberapa institusi hukum di tanah air, seperti Mahkamah Konstitusi, Komisi Yudisial, dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Untuk menyukseskan program ini, pihaknya juga melibatkan mahasiswa FH UII sebagai fasilitator dan pendamping bagi para mahasiswa Malaysia selama mereka tinggal di Jogja.

Sementara itu, dosen pendamping mahasiswa IIUM, Zaid Mohammad, Ph.D mengungkapkan bahwa program pertukaran pelajar dengan FH UII termasuk salah satu program yang paling bertahan lama di fakultasnya. “Ini karena pasca penyelenggaraan program, para mahasiswa kami banyak mendapat kesan positif dari pengalaman mereka. Inilah yang menjadikan selalu ada kelanjutan program di tahun-tahun berikutnya”, ungkapnya.

Ia juga menggarisbawahi program ini sangat penting sebagai sarana meningkatkan persahabatan di antara warga negara Indonesia dan Malaysia. Ia berharap dengan terjalinnya hubungan baik di antara UII dan IIUM dapat turut meluruskan isu-isu negatif yang sering dihembuskan pihak luar terkait hubungan bilateral kedua bangsa.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map