Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa UII Ikuti Konferensi Internasional di Melbourne, Australia PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 15 June 2016

Image
merdeka.com
Mengembangkan potensi keilmuan dan jaringan dengan terlibat aktif dalam konferensi internasional nampaknya menjadi pilihan yang kini terus digeluti oleh mahasiswa UII. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya mahasiswa UII yang berhasil terpilih mengikuti konferensi internasional di berbagai negara. Seperti belum lama ini, dua orang mahasiswa Arsitektur UII, Ridho Sinaro dan Naura Gustisza Salsabila berkesempatan mengikuti Konferensi Future Housing yang mengangkat tema “Global Cities and Regional Problems”. Konferensi tersebut diselenggarakan oleh Architecture MPS dan Swinburne University of Technology, Melbourne Australia pada 9-10 Juni 2016. Konferensi ini merupakan wadah yang mempertemukan para ahli, kalangan profesional, dan pemerhati isu perumahan, seperti arsitek, ahli desain interior, perancang perkotaan, sosiolog, dan lain sebagainya.

Konferensi ini secara spesifik merespon isu dan tantangan kontemporer yang dihadapi negara di kawasan Asia – Pasifik terkait dengan pengembangan perumahan dan perkotaan. Perkembangan kota-kota di berbagai negara tersebut memiliki pola yang sangat beragam. Ada kalanya satu kota mengalami perkembangan yang sangat pesat dan urbanisasi. Namun ada pula kota yang tengah menyusut dan dihadapkan pada permasalahan populasi yang semakin menua. Oleh karenanya, refleksi tentang perencanaan, penataan, dan pengembangan pemukiman terus menjadi isu yang menarik.

Diungkapkan Naura Gustisza Salsabila, mereka tertarik mengikuti konferensi karena ingin menambah wawasan dan menjalin komunikasi dengan para mahasiswa asing yang hadir di konferensi tersebut. Konferensi semacam ini memang juga menjadi ajang membangun jaringan internasional di antara para akademisi dan praktisi dari seluruh dunia.

“Pengalaman kami selama 6 (enam) bulan magang dengan Firma Arsitek Nasional Sun Cons menjadi modal awal untuk mengikuti konferensi di dunia arsitektur. Kami sendiri memang memiliki ketertarikan khusus di bidang arsitektur berkelanjutan dan perumahan perkotaan”, ungkapnya. Sebelumnya mereka juga pernah mengikuti konferensi nasional tentang restorasi pemukiman desa dan kota yang diadakan di UII.

Berdasarkan pengalamannya selama mengikuti konferensi, Naura Gustisza Salsabila menilai kemampuan Bahasa Inggris sangat penting dimiliki agar dapat aktif berpartisipasi dalam konferensi. “Mahasiswa Indonesia perlu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya agar sejajar dengan mahasiswa asing lainnya. Termasuk di dalamnya bobot dan nilai interaktif yang dirasa masih perlu ditingkatkan lagi”, tuturnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map