Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
50 Mahasiswa UII Peroleh Beasiswa Cahaya Pintar PLN PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 21 June 2016

ImageUpaya peningkatan partisipasi pendidikan tinggi sejatinya merupakan sesuatu yang sangat penting. Hal ini erat kaitannya dengan pembangunan sumberdaya manusia sebuah bangsa. Semakin banyak generasi bangsa yang dapat menempuh pendidikan tinggi maka akan menghasilkan sumberdaya manusia yang kompeten. Salah satu upaya untuk mencapai hal itu yakni dengan memberikan beasiswa bantuan pendidikan, khususnya bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Sebagaimana belum lama ini sebanyak 50 mahasiswa UII berhasil memperoleh beasiswa Cahaya Pintar dari PT. PLN Persero.

Beasiswa tersebut merupakan beasiswa yang berasal dari dana yang dihimpun oleh LAZIS PLN. Penyerahan beasiswa secara simbolis berlangsung di Bangsal Kepatihan, Jogja pada Senin (20/6). PT. PLN Persero yang diwakili oleh Direktur Human Capital PLN, Muhammad Ali dan UII yang diwakili oleh Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc juga menandatangani nota kesepahaman terkait kerjasama pemanfaatan dana beasiswa bagi para mahasiswa penerima. Acara penyerahan beasiswa ini juga dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani.

Menko PMK Puan Maharani memberikan apresiasinya kepada LAZIS PLN yang telah menggulirkan program beasiswa Cahaya Pintar. Menurutnya program beasiswa semacam ini merupakan kontribusi nyata dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya kepada 200 mahasiswa di DIY. Menteri Puan juga menyorot berbagai tantangan yang masih dihadapi dunia pendidikan, seperti masih tingginya angka putus sekolah karena persoalan ekonomi, masalah geografis, budaya, hingga masih belum meratanya sarana dan prasarana pendidikan. Ia berharap ke depan jumlah penerima beasiswa Cahaya Pintar di DIY dapat ditambah mengingat statusnya sebagai kota pelajar.

Diungkapkan Direktur Human Capital PLN, Muhammad Ali, bahwa terdapat 40 miliar dana beasiswa Cahaya Pintar yang disalurkan oleh LAZIS PLN kepada 2.000 mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. Dana tersebut sebagian besar berasal dari zakat penghasilan para pegawai muslim di perusahaannya. “Untuk wilayah DIY, ini kali pertama kami bekerjasama dengan beberapa kampus untuk menyalurkan dana beasiswa bagi sekitar 200 mahasiswa”, ungkapnya. Ia berharap program beasiswa yang rutin diadakan ini dapat menjadi instrumen untuk meningkatkan harapan para mahasiswa yang kurang mampu namun berprestasi.

Sementara itu, Kadiv Pembinaan Kepribadian dan Kesejahteraan Mahasiswa, Hazhira Qudsyi, S.Psi., MA mengatakan 50 mahasiswa UII penerima beasiswa telah melalui seleksi di tingkat program studinya masing-masing. “Syarat seleksi sesuai dengan kriteria yang diminta oleh PLN, jadi setiap prodi setidaknya memiliki 2-3 mahasiswa penerima beasiswa. Sebagai salah satu syarat mereka dimintai komitmennya untuk menjadi relawan dakwah LAZIS PLN”, katanya. Para mahasiswa tersebut nantinya akan menerima dana bantuan pendidikan setiap semester selama dua tahun. Dengan adanya beasiswa Cahaya Pintar PLN tentunya semakin menambah skema beasiswa yang telah terdapat di UII.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map