Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Program Comunity Development Latih Empati dan Kepedulian Mahasiswa PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 22 June 2016

ImageKepedulian dan empati pada dasarnya merupakan sifat mulia yang dapat muncul pada diri seseorang. Kedua sifat tersebut tidak serta merta muncul dengan sendirinya namun ditumbuhkan dan dilatih melalui interaksi ketika bermasyarakat. Dunia kampus yang kini semakin sarat dengan aktifitas akademik yang tinggi dinilai semakin kurang dalam mengajarkan nilai empati dan kepedulian bagi para mahasiswanya. Akibatnya tidak sedikit mahasiswa yang tumbuh menjadi individu apatis. Namun rupanya hal ini berusaha ditepis oleh Prodi Hubungan Internasional (HI) UII yang menaruh perhatian besar dalam pengembangan karakter mahasiswa.

Sebagaimana nampak dalam pelaksanaan program Comunity Development and International Cooperation yang menjadi bagian dari kurikulum Prodi HI UII. Melalui program tersebut, mahasiswa diajak untuk berinteraksi dengan masyarakat desa serta dituntut untuk dapat memberikan solusi atas segelintir permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Puncak pelaksanaan program ini adalah melalui pameran dan presentasi proyek comunity development yang berlangsung di Selasar Gedung Perpustakaan Pusat UII pada Selasa (21/6).

Disampaikan Ketua Prodi HI UII, Irawan Jati, S.IP, M.Hum, MSS bahwa selama penyelenggaraan program mereka menggandeng beberapa mitra. Salah satunya yaitu Sungkonghoe University, Korea Selatan dan LSM Satunama. “Bantuan dan dukungan dari mitra kami sangat berarti dalam menjamin kesuksesan penyelenggaraan program ini”, ungkapnya. Selain itu, lewat interaksi dengan mitra yang notabene merupakan para akademisi asing asal Korea Selatan, mahasiswa HI juga belajar sekelumit tentang kerjasama internasional.

Sementara itu, Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc mengatakan saat ini masyarakat dihadapkan pada perubahan yang serba cepat. Perubahan ini terkadang membawa dampak negatif jika masyarakat tidak siap dalam menyikapinya. “Oleh karena itu, sudah menjadi tugas sivitas akademika untuk membantu masyarakat agar siap menyikapi perubahan dan pintar mengelola peluang yang ada di dalamnya”, kata Rektor.

Senada dengan itu, Perwakilan Sungkonghoe University, Prof. Francis Lee Dae Hoon mengatakan saat ini seolah-olah jika mahasiswa hanya belajar di kampus tidak akan cukup untuk siap terjun ke dunia luar. Alih-alih mahasiswa harus mulai membiasakan melatih skill-skill lain selain kemampuan akademiknya, seperti empati, kepedulian, dan cara berinteraksi dengan masyarakat.

Salah seorang mahasiswa HI UII yang terlibat dalam program ini, Rosiana Muthmainah mengaku sangat antusias bisa terjun langsung ke masyarakat. Proyek yang dilakukannya adalah mengadakan pelatihan keuangan keluarga bagi masyarakat di Desa Ngawen, Gunung Kidul.

“Masyarakat di sana seringkali kesulitan menyusun anggaran keuangan di level keluarga. Pada saat panen dan banyak surplus pemasukan, dana yang ada sering dipakai untuk membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan”, kisahnya. Sedangkan pada saat masa tanam, mereka kesulitan keuangan sehingga barang-barang itu pun akhirnya dijual kembali.

Hal ini menyebabkan warga seringkali mengalami kesulitan modal untuk membeli bibit tanaman atau pupuk. Sebagian warga kemudian ada yang hingga terjerat lintah darat. Padahal jika warga menerapkan pengelolaan keuangan yang sehat niscaya hal itu tak perlu terjadi. Ada pula mahasiswa HI UII lain yang memasarkan produk keripik putri malu yang merupakan kreasi warga setempat. Cemilan ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp 40.000/kg-nya. Mereka optimis makanan ringan ini dapat menarik rasa penasaran masyarakat karena dibuat dari tanaman putri malu dengan bumbu yang nikmat.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map