Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Hadirkan Prof. Ahsin Sakho UII Kaji Lebih Dalam Isi Kandungan Al-Qur’an PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 23 June 2016

ImageDalam rangka menyemarakkan Bulan suci Ramadhan dan mengenang peristiwa diturunkannya Al-Qur’an ke muka bumi, 4 Lembaga Dakwah Kampus semi otonom yang berdiri dibawah Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam Universitas Islam Indonesia (DPPAI UII) menyelenggarakan kegiatan Tabligh Akbar, dengan tema “Meraih ketenangan, ketentraman, dan kebahagiaan dengan Al-Quran”, Selasa (21/06), bertempat di Auditorium Kahar Muzakkir UII.

Ke empat lembaga tersebut masing-masing adalah Da’i Hijrah Mahasiswa (DHM UII) yang fokus dalam bidang pengabdian dakwah masyarakat umum, Hafidz-Hafidzah Mahasiswa/i UII (HAWASI) yang fokus dalam bidang pelatihan dan pendidikan Al-Quran, Korps Dakwah Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (KODISIA) yang fokus dalam bidang pelatihan Da’i Da’iyah Mahasiswa UII, dan Takmir Masjid Ulil Albab (TMUA UII) yang fokus dalam kemakmuran dan kesejahteran Masjid Ulil Albab UII.

Sebagai upaya mengoptimalkan syi’ar kegiatan ini, panitia turut mengundang masyarakat umum dari 14 desa yang merupakan desa binaan Lembaga DHM UII. Desa-desa yang diundang tepatnya berasal dari Pakem, Purwobinangun dan Sleman. Desa binaan tersebut adalah lokasi berlangsungnya program mahasiswa relawan yang mengabdi selama bulan suci Ramadhan 1437 H.  Selain itu, panitia juga mengundang 9 Pondok Pesantren Tahfidz yang merupakan relasi lembaga HAWASI. Pondok Pesantren yang kami undang diantaranya adalah PP Sunan Pandanaran, PP Harun Asy Syafi’i, PP Zuhriyah, PP Ki Ageng Giri, Rumah Tahfizh Qurrota A’yun, Rumah Tahfizh Bangun Jiwo, Darul Quran Samparan, Rumah Tahfidz Tazkiya, dan Rumah Tahfidz Nur Hidayah.

Kegiatan ini menghadirkan pakar al-Qur’an nasional Prof. Dr. KH. Ahsin Sakho Muhammad, yang juga sebagai Penasehat Nusantara Mengaji, dan Penasehat Yayasan Karantina Tahfizh AL-Quran Nasional. disusul penampilan Tim Hadroh dari Keluarga Mahasiswa Nahdlatul ‘Ulama (KMNU UII), dan dimeriahkan dengan Program Pembagian Hijab Syar’i gratis untuk 210 jama’ah pertama dari lembaga KODISIA.

“Segenap Panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada Direktorat Kemahasiswaan khususnya atas segala bentuk dukunganguna menyemarakkan kegiatan ini, serta kepada seluruh jajaran pengurus 4 lembaga atas antusias dan sinergitas bersama dalam memprakarsai kegiatan ini.” Ujar Husna, salah seorang panitia Tabligh Akbar.

Dalam ceramahnya Prof. Ahsin menyampaikan keutamaan orang yang diperoleh orang-orang yang membaca dan membahas isi kandungan al-Qur’an. “Apabila ada sekumpulan orang dalam satu majlis membaca al-Qur’an atau membahas persoalan tentang Al-Quran, maka Rahmat Allah akan senantiasa turun”. Paparnya.

Ia juga memuji UII sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang berani mencantumkan Dakwah Islamiyah sebagai salah satu pilar Perguruan Tinggi sehingga berbeda dengan perguruan tinggi lainnya dimana UII memiliki empat pilar atau yang disebut dengan Catur Dharma sedangkan perguruan tinggi hanya memiliki Tri Dharma. Hal tersebut menurutnya menunjukkan komitmen UII dalam menegakkan Islam dan menjadi Perguruan Tinggi yang rahmatan lil ‘alamin.

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map