Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Islamic Movie Studio Kupas Cinta Subuh PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 24 June 2016

ImageCinta Subuh, film pendek mengenai pejuang subuh yang populer di media sosial Youtube nampaknya wajib ditonton oleh generasi muslim. Pasalnya film itu sarat dengan pesan-pesan yang bermanfaat dalam setiap scenenya. Film Cinta Subuh ini mengisahkan tentang perjuangan seorang laki-laki bernama Angga yang diperankan oleh Andre M. Addin untuk melakukan sholat subuh tepat waktu di Masjid. Salah satu visi pembuatan film ini adalah agar banyak muslim dan muslimah yang sholat subuh berjamaah di Masjid.

Kalau bangun subuh aja susah, bagaimana mau bangun rumah tangga, bagaimana mau jadi imam rumah tangga, kalau jadi imam diri sendiri saja susah. Salah satu penggalan dialog dalam film ini disampaikan oleh sutradaranya langsung, Amrul Umami ketika menjadi pembicara dalam acara Islamic Movie Studio and Short Movie Competition di Auditorium Kahar Muzakkir UII, Minggu sore (19/6). Acara ini banyak dihadiri oleh mahasiswa UII sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Rasulullah SAW bersabda: “Shalat terberat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan subuh. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak.” (HR. Ahmad). Terinspirasi dari hadist ini, Amrul Umami ingin mengaplikasikan hadits ini dalam bentuk film pendek.

Pesan-pesan spiritual dalam film ini bahkan menginspirasi para anak muda di Jakarta untuk membuat sebuah kelompok yang menamakan dirinya “pejuang subuh”. Kelompok sosial tersebut mengajak masyarakat terutama pemuda Jakarta untuk sholat berjamaah, khususnya sholat subuh di masjid. Target awalnya adalah istiqomah 40 hari pergi ke masjid pada waktu subuh. Hal ini membuktikan bahwa film Cinta Subuh mendapat respon positif dari masyarakat.

Karena itu Amrul Umami berencana membuat film lanjutan yakni cinta subuh 2 untuk meluruskan kritik-kritik dalam cinta subuh pertama. Film Mengejar Halal pun sudah disiapkan yang rencananya akan ditayangkan di bioskop.

Ditambahkan Andre M. Addin sebagai pemeran tokoh Angga dalam film ini, para pemain dan semua yang berperan dalam pembuatan film ini pun merasakan hikmah dari pesan film. Hal ini membuktikan bahwa untuk menjadi agen muslim yang baik, tidak hanya menyalurkan aspirasinya melewati berceramah. Namun melalui media seperti film pendek pun bisa menjadi alternatif cara dakwah anak muda pada masa kini.

Disamping acara obrolan inspiratif ini, acara juga disemarakkan dengan bazaar yang menawarkan buku serta pakaian. Bazaar ini juga menarik perhatian mahasiswa karena menjual barang yang variatif serta murah. Pada sesi akhir acara, panitia membagikan piala dan piagam bagi pemenang lomba short movie. Pembagian takjil dan makanan untuk berbuka juga tidak lupa dibagikan kepada para jamaah yang hadir dalam acara ini.

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map