Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Diskusi Warung Prancis UII: Piala Eropa 2016 Tidak Sekedar Sepakbola PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 22 June 2016

ImagePenyelenggaraan Piala Eropa 2016 yang berpusat di Prancis ternyata tidak hanya sekedar hingar bingar kompetisi olahraga paling populer di tingkat Eropa. Di tengah euforia Euro 2016, banyak sekali kejadian-kejadian di luar lapangan yang berdampak pada pelaksanaan acara ini seperti serangan teror di Paris, fenomena pemain-pemain imigran di tim-tim negara Eropa, dan kerusuhan antar suporter. Euro 2016 juga memiliki arti sendiri bagi Islam dan umat muslim di dunia. Para pemain muslim yang berlaga di Euro 2016 sering mengkampanyekan niai-nilai islam melalui jejaring sosial.

Sebagaimana disampaikan Narayana Mahendra Prastya, dosen Prodi Ilmu Komunikasi FPSB UII pada agenda diskusi bulanan Warung Prancis (WP) UII yang bertajuk Bincang-Binncang Kritis. Acara berlangsung di ruangan WP UII, Gedung Perpustakaan Mohammad Hatta, lt.2 pada Selasa (21/6). Pada diskusi yang mengusung topik “Piala Eropa 2016” ini, WP UII menggandeng Pusat Dokumentasi Media Alternatif (PDMA) Nadim, Prodi Ilmu Komunikasi UII. Diskusi berlangsung cukup menarik selama kurang lebih satu setengah jam dan dihadiri oleh para mahasiswa UII.

Dalam pemaparannya, Narayana membahas tentang dinamika persepakbolaan secara global dan gelaran Piala Eropa di Prancis tahun ini. Menurut Narayana, postingan tentang Islam dari pemain-pemain muslim melalui media sosial sangat membantu mengenalkan citra Islam yang positif dan toleran pada publik barat.

Para peserta diskusi cukup antusias mengikuti jalannya diskusi. Hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan dari peserta kepada pembicara pada sesi tanya jawab. Seorang peserta dari Prodi Ilmu Komunikasi UII menayakan tentang hubungan antara kerusuhan suporter dua negara dan isu politik yang menjadi latar belakangnya. Peserta lain dari Tekni Industri berkomentar mengenai otoritas FIFA yang cenderung mengabaikan otoritas politik sebuah negara. Bincang-Bincang Kritis WP UII akan dilaksanakan kembali di bulan Juli, tentunya dengan topik yang tidak kalah menarik.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map