Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Menyemai Persahabatan Lewat Program Pertukaran Pelajar PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Sunday, 26 June 2016

ImageProgram pertukaran pelajar sejatinya tidak hanya dirancang agar mahasiswa pesertanya memperoleh pengalaman akademik yang berbeda. Lebih dari itu, program ini juga ditujukan untuk menyemai ikatan persahabatan dan pemahaman lintas budaya dari para pesertanya. Durasi program yang cukup lama dan intensitas interaksi yang intens di antara peserta turut membantu dalam mewujudkan tujuan itu. Hal ini sebagaimana nampak dalam program pertukaran pelajar yang telah lama dijalin di antara Fakultas Hukum (FH) UII dan Ahmad Ibrahim Kulliyyah of Laws, International Islamic University Malaysia (IIUM). Kedua institusi telah cukup lama saling mengirimkan mahasiswanya untuk terlibat dalam program singkat pertukaran pelajar.

Seperti pada awal bulan Ramadan tahun ini sebanyak 8 mahasiswa IIUM berkunjung ke UII untuk mengikuti program tersebut. Program yang berlangsung selama 19 hari ini ternyata banyak meninggalkan kenangan mendalam bagi para peserta. Pada acara penutupan program yang berlangsung di Jogjakarta Plaza Hotel, Sabtu (25/6), para peserta saling mengungkapkan kesan dan kenangan mereka ketika mengikuti program ini.

Disampaikan Nur Nabilah Binti Mozaidey, mahasiswa IIUM, ia merasakan banyak memetik pengalaman menarik dari berbagai aktifitas yang diikuti selama program berlangsung. “Misalnya kami diajak mengunjungi beberapa lembaga hukum dan kantor pemerintah yang ada di Jakarta, seperti KPK, KY, MK, Kementerian Luar Negeri, dan Sekretariat ASEAN. Ini memberikan perspektif baru bagi kami”, ungkap mahasiswi yang masih duduk di semester 2 itu. Pada waktu berkunjung ke Kemenlu, mereka sempat berdiskusi tentang isu klaim budaya yang sempat memanaskan hubungan kedua negara.

Ditambahkan Syafawani Binti Mahadi, mahasiswa IIUM lainnya, pengalaman tak terlupakan lainnya adalah perbedaan budaya yang dirasakan selama tinggal di Jogja. Ia cukup terkesan dengan keramahan dan kesopanan yang masih dijunjung tinggi oleh masyarakat Jogja. Selain itu, ia dan teman-temannya juga cukup menikmati sajian kuliner di kota gudeg yang cocok dengan selera Melayu. “Pengalaman selama berada di kelas International Program FH UII, kami melihat mahasiswa UII sangat aktif dalam berdiskusi. Ini juga jadi motivasi bagi kami”, tambahnya.

Namun dari semua itu, keduanya sepakat bahwa hal yang tidak tergantikan adalah persahabatan yang diperoleh selama mengikuti program tersebut. “Kami mengapresiasi persahabatan dan bantuan dari teman-teman panitia student exchange yang benar-benar memperhatikan para peserta. Semoga hal ini tetap berlangsung meski program telah usai”, pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Student Exchange, Dra. Sri Wartini, SH, M.Hum, Ph.D mengatakan program ini akan terus dipertahankan untuk tahun-tahun mendatang. Hal ini sejalan dengan tujuan FH UII untuk memelihara dan meningkatkan kerjasama internasional dengan para mitra. Pada September mendatang, pihaknya juga berencana melakukan kunjungan balasan ke IIUM bersama para mahasiswa UII.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map