Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa Flinders University, Australia Belajar Tentang Islam di UII PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 14 July 2016

ImageKeunikan masyarakat Indonesia dalam mempraketekkan ajaran agama Islam di kehidupan sehari-hari rupanya tidak hanya menjadi bahan kajian menarik bagi para penulis maupun peneliti. Tradisi Islam Indonesia yang mampu berjalan selaras dengan keragaman budaya lokal ini juga menjadi perhatian sekelompok mahasiswa Flinders University, Australia. Bahkan mereka sengaja tinggal beberapa waktu di Jogja dan berkunjung ke kampus UII guna mempelajari Islam lebih dekat. Hal ini sebagaimana nampak dalam penyambutan program Understanding Islam in Indonesia yang berlangsung di Gedung Prof. Dr. Sardjito, kampus terpadu UII pada Kamis (14/7).

Understanding Islam in Indonesia merupakan program pemahaman lintas budaya yang diinisiasi oleh Flinders University bekerjasama dengan UII. Setidaknya 13 mahasiswa Australia yang ikut dalam program ini mendapat kesempatan untuk mempelajari aspek-aspek unik dari masyarakat Muslim di Indonesia, mulai dari aspek budaya, ekonomi, sosial, dan politik. Pemahaman itu disampaikan oleh para dosen senior UII dan para pakar di bidangnya. Tidak hanya itu, mereka juga diajak untuk memiliki pengalaman bekerja dan melihat secara langsung aktifitas di institusi-institusi Islam, seperti bank syariah, sekolah Islam terpadu, dan kantor media.

Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc menyambut baik kedatangan para mahasiswa Flinders University, Australia untuk belajar Islam. Menurutnya, di era keterbukaan seperti sekarang, sangat penting untuk meningkatkan pemahaman lintas komunitas. Terlebih Indonesia dan Australia adalah tetangga dekat sehingga peningkatan pemahaman lintas budaya akan membawa dampak positif bagi hubungan kedua negara.

“Australia adalah rumah bagi setidaknya 500 ribu warga Muslim dan sekitar 40%-nya merupakan generasi yang lahir di sana. Saya kira di sini Australia memiliki posisi penting sebagai jembatan Islam dan Barat”, tuturnya.

Selain itu, Rektor juga menggarisbawahi bahaya ekstremisme agama yang terus mengancam kedamaian dan keharmonisan hubungan di kedua negara. Sebagai komunitas akademik, universitas memiliki peran untuk melawan hal itu, salah satunya melalui peningkatan aktifitas lintas budaya dan agama.

Sementara itu, Koordinator Program dari Flinders University, Dr. Priyambudi Sulistiyanto mengungkapkan kesempatan untuk melihat secara langsung kehidupan budaya Islam di Indonesia sangat berharga bagi para mahasiswanya. Hal ini karena pandangan media mainstream di Australia tidak selalu sama dengan persepsi masyarakat Indonesia tentang Islam. Oleh karena itu, lewat program ini ia berharap para mahasiswanya dapat menimba pengalaman sebanyak-banyaknya tentang aspek budaya dan agama masyarakat Indonesia.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map