Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Layanan Iptek Berkualitas Tingkatkan Kemandirian dan Daya Saing Perguruan Tinggi PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 19 July 2016

ImageSemakin tingginya intensitas persaingan di antara perguruan tinggi telah mendorong lembaga tersebut untuk melakukan diversifikasi layanan. Perguruan tinggi tidak hanya dituntut piawai dalam menyediakan jasa pendidikan bagi mahasiswa namun juga layanan jasa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang dapat dinikmati oleh kalangan industri dan masyarakat umum. Perguruan tinggi yang memiliki jasa layanan iptek berkualitas dan beragam dinilai dapat memenangkan persaingan dibanding perguruan tinggi lainnya.

Sebagaimana disampaikan Dr. Ir. Sugini, MT, IAI selaku Kepala Kantor Aliansi Universitas dan Industri (KAUNI) UII pada acara Sosialisasi Pentingnya Sumberdaya Iptek UII di Auditorium FPSB UII, Selasa (19/7). Acara ini diikuti oleh sivitas akademika yang terdiri dari unsur dosen, laboran, pengelola laboratorium, mahasiswa, dan pengelola pusat studi di lingkungan FPSB UII.

Dikatakan Dr. Sugini, kemandirian perguruan tinggi akan dapat dicapai manakala ia dapat mengelola dan memaksimalkan keberadaan sumberdaya iptek yang berada di dalamnya. Ia menilai selama ini perguruan tinggi masih banyak bergantung pada keberadaan mahasiswa untuk menunjang operasionalnya. Padahal, dengan mengkomersialkan sumberdaya iptek, perguruan tinggi dapat mengurangi ketergantungannya terhadap mahasiswa.

Sebagai contoh, ia menyebutkan layanan konsultasi, penyelenggaraan training, sertifikasi, dan uji laboratorium merupakan segelintir bentuk layanan iptek yang dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan citra dan daya saing perguruan tinggi. Sivitas akademika seperti dosen, peneliti, dan pakar juga dapat menjadi konsultan di berbagai proyek baik industri, pemerintah, maupun swasta.

“Di sinilah peran KAUNI UII untuk mensinergikan sumberdaya iptek yang ada di UII agar dapat lebih tertata dan dikenal oleh pihak-pihak yang sekiranya membutuhkan”, ujarnya.

Menanggapi hal itu, Dekan FPSB UII, Dr.rer.nat. Arief Fahmi, MA mengatakan FPSB UII selama ini juga telah mengembangkan beberapa layanan di luar aktifitas pendidikan dan riset. Beberapa di antaranya, seperti layanan jasa psikotes untuk rekruitmen pegawai perusahaan, layanan konsultasi psikologi, pusat studi anak dan keluarga, serta layanan komunikasi multimedia. Ke depan ia ingin agar semua program studi di bawah fakultasnya dapat memiliki layanan unggulan yang khas sesuai dengan latar belakang keilmuannya.

Sedangkan pembicara sosialisasi, Priyonggo Suseno, M.Sc menyampaikan tentang manajemen mutu dan konsep pemasaran bagi layanan sumberdaya iptek UII ke depan. Menurutnya, diperlukan standardisasi layanan bagi layanan iptek UII sehingga jasa yang disediakan bagi mitra UII terjamin kualitasnya. Selain itu, ia juga mendorong agar fakultas mendata secara sistematis layanan iptek yang telah ada dan mengkomunikasikan hal itu kepada KAUNI UII. Selanjutnya, KAUNI UII berkomitmen untuk meningkatkan pemasaran layanan iptek tersebut ke mitra-mitra potensial yang dimilikinya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map