Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Lestarikan Kesenian Islam, UII Selenggarakan Festival Hadrah PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 20 July 2016

Image
blogspot.com
Nilai-nilai Islam sejatinya tidak hanya nampak dalam kegiatan peribadatan semata. Lebih dari itu, nilai Islam juga dapat ditemukan dalam kesenian yang tumbuh di wilayah nusantara. Kesenian hadrah merupakan salah satu bentuk akulturasi kesenian lokal dan Islam yang telah lama eksis di tengah masyarakat. Hadrah tidak hanya menjadi sarana hiburan, namun juga sebagai bentuk syiar agama Islam yang terus dilestarikan hingga kini. Sebagai bentuk apresiasi terhadap kesenian hadrah dan upaya melestarikannya, Universitas Islam Indonesia (UII) akan menggelar Festival Hadrah yang pembukaannya berlangsung pada Jum’at, 22 Juli 2016 mulai pukul 07.30 – 15.00 di Auditorium Kahar Muzakir, Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang Km. 14 Sleman, Jogjakarta.

Festival Hadrah yang berupa lomba ini juga digelar untuk memperingati Milad ke-73 UII. Peserta lomba terdiri dari 20 group terpilih yang datang dari berbagai group hadrah yang tersebar mulai dari Klaten, Kudus, Kebumen, Purbalingga dan group dari Daerah Istimewa Jogjakarta. Setiap group akan membawakan dua lagu yaitu lagu wajib An-Nabi Shollu Alaih dan lagu bebas berupa sholawat/qosidah berbahasa Arab. Lomba akan mendatangkan juri yang telah berpengalaman pada penjurian lomba hadrah lokal maupun nasional.

Menurut Ketua Panitia Milad ke-73 UII, Priyonggo Suseno, M.Sc, penyelenggaraan festival hadrah dimaksudkan untuk melestarikan kesenian-kesenian Islami yang ada di masyarakat. UII merasa terpanggil untuk berperan serta dalam menyebarkan dan memelihara kesenian tersebut agar tetap lestari di tengah masyarakat. Menurutnya, kegiatan ini diharapkan dapat berlangsung secara reguler ke depannya dari tahun ke tahun. Priyonggo atas nama penyelenggara mengundang seluruh warga masyarakat yang mencintai seni tradisi Islami untuk dapat hadir menyaksikan festival tersebut. Festival ini terbuka untuk umum dan gratis.

Disamping perlombaaan hadrah, festival juga akan menampilkan Tarian Saman dari mahasiswa UII yang pada akhir Oktober tahun ini terpilih mewakili Indonesia pada ajang lomba tari internasional di Turki. Lomba akan memperebutkan sejumlah hadiah dengan total Rp. 15 juta dan trophi.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map