Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Piranti Rambu-Rambu Dapat Hindarkan Pemain Pokemon Go Dari Kecelakaan PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Monday, 25 July 2016

Image
www.vg247.com
Game berbasis realitas tertambah (augmented reality) kini tengah digandrungi banyak anak muda di berbagai negara. Apalagi setelah dirilisnya game mobile untuk pengguna smartphone, Pokemon Go, oleh Niantic, sebuah perusahaan game yang berbasis di San Francisco. Game yang menampilkan monster-monster lucu tersebut segera menyita perhatian banyak gamer di seluruh dunia. Namun di balik popularitasnya, tidak sedikit para ahli yang mengkhawatirkan sisi keselamatan para pemburu pokemon tersebut.

Pasalnya, ketika bermain game, para pemain seringkali tidak mengindahkan keadaan lingkungan di sekitarnya. Bahkan tidak sedikit pemain game tersebut yang tetap asyik bermain meski berada di tengah keramaian lalu lintas maupun medan yang rawan menyebabkan kecelakaan. Sebagaimana, sebuah kasus di Jepang belum lama ini, di mana seorang remaja harus dilarikan ke rumah sakit akibat terjatuh dari tangga ketika bermain Pokemon Go.

Menanggapi pesatnya pemanfaatan Teknologi Informasi tersebut, Hendrik, S.T., M.Eng., SAP IHL, OCA. Ketua Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) mempunyai pendapat berbeda. Hal itu disampaikannya beberapa waktu lalu di ruang kerjanya, Gedung KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII, Yogyakarta.

“Dianggap berbahaya, karena saat ini game yang menggunakan teknologi augmented reality, menggabungkan dunia maya yang ada di kamera ponsel pintar dengan tampilan fisik, belum menambahkan piranti rambu-rambu semacam alarm sebagai petunjuk”, ujar Hendrik yang juga Tenaga Ahli di Pusat Studi Sistem Informasi Enterprise Magister Teknik Informatika Program Pascasarjana FTI UII.

“Sehingga dengan adanya rambu-rambu semacam alarm tersebut akan dapat membantu pemain, walau harus berjalan mencari makhluk Pokemon yang tersebar di rumah, jalan, taman, masjid, dan tempat-tempat strategis lainnya. Dengan demikian, John Hanke, orang yang berada di belakang aplikasi Pokemon Go tersebut akan dapat membuat masyarakat lebih produktif dan tidak membahayakan serta aman dari persoalan cyber security", tuturnya.

Menambahkan rambu-rambu semacam alarm tersebut bukanlah hal yang sulit bagi Niantic, perusahaan pengembang game Pokemon Go. Hendrik bahkan memprediksi saham Nintendo akan telah terus melejit lebih dari 25 persen berada di puncak Apple Store. "Hal tersebut karena Niantic terus melakukan inovasi yang memberikan nilai tambah yaitu mengingatkan pemain, sehingga walau asyik mengejar Pokemon para pemain tidak akan terlena”, pungkasnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map