Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Peran Arsitek Semakin Dibutuhkan PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Monday, 25 July 2016

ImagePeran arsitek ke depan akan semakin dibutuhkan, terlebih saat ini banyak dijumpai berbagai kerusakan lingkungan akibat dari pembangunan gedung-gedung dan fasilitas lainnya. Tidak sedikit dijumpai pembangunan rumah dipenuhi dengan penggunaan material konblok, sehingga air hujan tidak dapat meresap ke dalam tanah. Air hujan dialirkan ke parit dan sungai, yang kemudian menyebabkan banjir menggenai rumah-rumah karena debit air yang meluap.

Demikian seperti disampaikan Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. saat membuka Seminar Karya dan Pameran Mahasiswa Arstitektur Indonesia “Multikulturalisme Arsitektur di Indonesia” pada Sabtu (23/7), di Auditorium Gedung M. Natsir UII. Hadir sebagai pembicara seminar Dekan Fakultas Teknik Warmadewa, Prof. Dr. Ir. I Wayan Runa, MT., AA., Dosen senior Program Studi Arsitektur UII, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D. dan Ir. Revianto Budi Santoso, M.Arch.

Dituturkan Dr. Harsoyo, agar tidak terjadi kerusakan kiranya juga penting adanya sinergi yang baik antara arsitek dan provesi teknik sipil. Diharapkan dengan semakin majunya teknologi komputer, hasil karya arsitek dapat lebih mudah dikerjakan oleh provesi teknik sipil, seperti dalam perhitungannya.

Kondisi yang lain seperti disampaikan Dr. Harsoyo, dalam hal pembangunan perumahan saat ini tidak jarang semuanya ditutup dengan beton atau aspal. Hal ini menyebabkan tidak adanya resapan air sehingga air dalam tanah semakin menurun. Contoh yang lain menurutnya adalah pemanasan global, seperti dampak dari banyaknya penggunaan AC pada  bangunan-bangunan saat ini.

Selain itu menurut Dr. Harsoyo, dengan perkembangan arsitek akan memberikan nuansa baru dalam bidang-bidang pembangunan. Bahkan tidak hanya dalam hal bangunan gedung, tetapi sentuhan arsitek diharapkan juga pada pembangunan jembatan dan jalan. "Jembatan yang indah tidak hanya sebagai sarana penyebrangan saja, tetapi juga menjadi tempat yang menarik dikunjungi. Seperti jembatan Suramadu yang menghubungkan kota Surabaya dan pulau Madura sering dijadikan sebagai obyek wisata,” tuturnya.

Ditambahkan Dr. Harsoyo, dalam membuat bangunan dan fasilitas lainnya, tanpa sentuhan arsitek dirasa tidak ada nilai seni atau hanya sekedar fungsional saja.

Disampaikan Prof. Wayan Runa dalam materinya, terjadi perubahan spasial seperti bangunan semakin kompleks dan bangunan yang terkait dengan ritus desa lebih sulit berubah dibandingkan bangunan yang terkait dengan ritus individu keluarga. Menurutnya perubahan yang terjadi pada spasial rumah tingal disebabkan oleh perubahan pola pikir masnusia.

Disampaikan Prof. Wayan Runa, Faktor Ekonomi mempengaruhi komunalnya kelompok sosial. Kelompok sosial yang komunal dan otonom sangat efektif untuk pengawasan lingkungan. Setalah dilakukan kajian, dibalik perubahan spasial itu tersirat empak makna pokok yang terkait dengan status sosial seseorang. Yakni sebagai kelompok elit, kelompok terdidik, kelompok karya dan hamba desa.

Sementara disampaikan Wiryono Raharjo, Ph.D. multikulturalisme arsitektur tidak lepas dari peran arsitek sebagai perancanag bangunan. Dituturkan, arsitek dalam konteks pemikiran assemblage dapat dilihat sebagi bagian, seperti lebah dalam proses simbiosis. Namun bila melihat kasus Bali, dimana banyak arsitek asing yang berpraktik di pulau tersebut bahkan mengispirasi arsitek lokal, maka posisi arsitek sering berada pada situasi ambiguitas.

“Ambiguitas disebakan karena arsitek dalam melakukan pengambilan keputusan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti keinginan klien, peraturan bangunan, iklim dan sebagainya,” paparnya.

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map