Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Loloskan 8 Tim, UII Jadi Perguruan Tinggi Swasta dengan Tim Terbanyak dalam PIMNAS XXIX PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 28 July 2016

ImageUII kembali mengukir capaian baru dengan raihan para mahasiswa yang berhasil lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-29 di Institut Pertanian Bogor (IPB) tanggal 8 - 11 Agustus 2016. Seperti yang diumumkan Kementerian RISTEKDIKTI melalui lamannya, UII berhasil meloloskan 8 (delapan) tim PKM V Bidang untuk mengikuti ajang bergengsi di antara mahasiswa pengusul program kreativitas mahasiswa (PKM) di seluruh Indonesia ini. Tim PKM UII yang lolos ke PIMNAS XXIX di Bogor terdiri dari tiga tim PKM-Penelitian yang berasal dari Prodi Kedokteran, Prodi Kimia, dan Prodi Psikologi, 2 tim PKM-Karsa Cipta dari Prodi Teknik Industri, 1 tim PKM-Kewirausahaan dari Prodi Statistika FMIPA, 1 tim PKM-Pengabdian Masyarakat dari Prodi Ilmu Komunikasi FPSB, serta 1 tim PKM-Gagasan Tertulis dari Prodi Arsitektur FTSP.

Dengan capaian tersebut, UII menjadi perguruan tinggi swasta yang berhasil mengirimkan tim PKM terbanyak. Hal ini mendudukkan UII berada di ranking 14 dari seluruh perguruan tinggi (PTN dan PTS) dan menempati ranking 1 PTS se-Indonesia apabila dilihat dari jumlah partisipasi tim dalam ajang PIMNAS XXIX. Di tahun-tahun sebelumnya, UII masih menempati ranking di luar 10 besar PTS se-Indonesia.

Wakil Rektor III UII Dr. Abdul Jamil, SH, MH menyampaikan harapannya berupa target UII untuk meraih minimal 2 medali dalam ajang tersebut. Dari 8 tim yang akan tampil di PIMNAS XXIX, ia cukup optimis target ini dapat dicapai oleh tim. “Hal ini sangat penting mengingat capaian medali PIMNAS merupakan indikator utama dalam perangkingan perguruan tinggi versi RISTEKDIKTI untuk kriteria bidang kemahasiswaan”, ujarnya.

Untuk mempersiapkan tim PKM UII agar bisa tampil maksimal, Tim Direktorat Kemahasiswaan UII akan melaksanakan program pembekalan (karantina) Pra-PIMNAS bagi tim PKM UII terpilih. Karantina bertujuan untuk melatih skill presentasi dan membantu dalam menyiapkan artikel ilmiah serta poster yang akan dikirim ke PIMNAS.

Direktur Pembinaan Bakat Minat dan Kesejahteraan (DPBMKM) UII yang juga Koordinator Pengelolaan PKM UII Beni Suranto, S.T. M.SoftEng mengutarakan bahwa prestasi ini tidak lepas dari keberhasilan UII mengirimkan sekitar 1.000 proposal PKM. Dari jumlah tersebut sudah terlihat antusiasme dan keseriusan pihaknya untuk meraih hasil positif dalam PIMNAS.

“Sebelumnya UII juga sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan MONEV PKM bersama dengan RISTEKDIKTI di bulan Juni 2016”, tambahnya. Peningkatan prestasi dalam bidang PKM merupakan hasil dari kerja keras dan semangat berprestasi para mahasiswa UII. Universitas juga memberikan dukungan penuh melalui Tim Kemahasiswaan UII dan PKM CORNER UII. Selain itu Tim Kemahasiswaan di tiap fakultas dan juga para dosen pendamping senantiasa aktif mendorong mahasiswa untuk terus giat mengikuti PKM.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map