Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Delegasi UII Sabet Juara Umum dalam Festival Bahasa Arab dan Inggris di UNIDA Gontor PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 29 July 2016

ImageMengirimkan delegasi dalam jumlah yang terbatas pada suatu ajang perlombaan tidak selalu identik dengan minimnya prestasi yang diraih. Sebaliknya apabila delegasi yang dikirimkan adalah orang-orang yang berkualitas dan bermental baja, bukan tidak mungkin justru dapat mendulang prestasi yang membanggakan. Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh empat orang mahasiswa UII yang terjun berkompetisi dalam ajang Festival Bahasa Arab dan Inggris (FBAI) yang digelar di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Ngawi pada 25-26 Juli 2016.

Dalam ajang itu, UII berhasil meraih juara umum dengan menyabet tiga gelar juara di tiga perlombaan berbeda. Keempat mahasiswa UII itu adalah Saiful Aziz (Hukum Islam), Tiyas Kurnia Sari (IP Akuntansi & Pendidikan Bahasa Inggris), Wafa' (Psikologi), dan Uswatun Hasanah (Pendidikan Bahasa Inggris). FBAI sendiri merupakan ajang perlombaan tahunan yang digelar oleh UNIDA. Perlombaan ini diikuti oleh santri dari berbagai pondok pesantren Alumni Gontor maupun Non Alumni se-Indonesia serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

Disampaikan oleh Saiful Aziz, tiga perlombaan yang berhasil dimenangi oleh rekan-rekannya, antara lain Juara I dalam Lomba Debat Bahasa Arab yang diwakili oleh dirinya, Tiyas Kurnia Sari, dan Wafa'. Dalam lomba itu mereka mengusung tema Pencegahan Reklamasi di Pantai Utara Jakarta. Selanjutnya tim UII juga meraih Juara II dalam Lomba Broadcasting Bahasa Arab oleh Wafa' serta Juara II dalam Lomba Media Pembelajaran (Berbasis IT) cabang Bahasa Inggris oleh Tiyas Kurnia Sari dan Uswatun Hasanah.

Menurut Saiful Azis, dirinya sempat kesulitan mencari rekan sekampus untuk mengikuti perlombaan mengingat kompetisi ini digelar bertepatan dengan Ujian Akhir Semester mahasiswa UII. Dengan susah payah, akhirnya ia berhasil mengumpulkan empat orang mahasiswa UII yang bersedia mengikuti lomba meski di sela-sela ujian.

“Walhasil, jumlah delegasi UII hanya 4 orang saja. Namun bagi saya, jumlah yang sedikit bukanlah alasan untuk tidak mendelegasikan mahasiswa UII di kancah nasional”, kata mahasiswa Hukum Islam tersebut optimis. Sementara menurut pantauannya, kampus-kampus lain paling tidak mengirimkan 7-15 delegasi.

Oleh karena itu, untuk meraih kemenangan pihaknya harus memutar otak. “Akhirnya saya menyusun strategi yaitu dengan meletakkan tiap delegasi UII pada (minimal) 2 cabang lomba, yang akhirnya membuat kontingen UII memiliki nilai tertinggi hingga meraih Juara Umum hanya dengan 4 orang”, tandasnya.

Ia berharap ke depan mahasiswa UII semakin menekuni Bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa asing yang penting. Ini akan menjadikan UII sebagai icon para penuntut ilmu Bahasa Arab dan Inggris di Indonesia.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map