Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII Kembali Berangkatkan Mahasiswa Dalam Program P2A ASEAN PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 04 August 2016

ImagePengenalan tentang aspek mobilitas mahasiswa, khususnya di kawasan Asia Tenggara terus digalakkan oleh UII. Salah satu upaya yang ditempuh yakni dengan memberangkatkan mahasiswa untuk mengikuti program Passage to ASEAN (P2A) yang rutin diadakan setiap tahunnya. Upaya ini bertujuan mengenalkan kepada mahasiswa tentang aspek budaya dan masyarakat di negara-negara ASEAN. Melalui program tersebut, mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat di negara tujuan selama waktu yang ditentukan.

Sebagaimana disampaikan Direktur International Program (IP) UII, Ir. Wiryono Rahardjo, Ph.D ketika melepas 11 orang mahasiswa UII yang akan mengikuti program tersebut dalam waktu dekat. Acara pelepasan berlangsung di Gedung GBPH Prabuningrat, kampus terpadu UII pada Kamis (4/8). 11 mahasiswa UII yang diberangkatkan berasal dari berbagai angkatan dan program studi.

Dikatakan oleh Wiryono Rahardjo, mahasiswa UII nantinya akan mengikuti program selama 2 minggu. “Dalam kurun waktu tersebut, mereka akan mengunjungi berbagai tempat yang ada di negara tujuan. Tentu saja, bukan untuk jalan-jalan, namun di sana mereka dituntut aktif mengikuti berbagai kegiatan yang ditawarkan oleh penyelenggara program P2A”, ungkapnya. Adapun negara yang menjadi rute perjalanan, yaitu Singapura, Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Tempat-tempat yang biasanya dikunjungi, antara lain universitas, tempat ibadah, pusat kesenian dan kebudayaan, perkampungan penduduk, dan sekolah.

Ia menyebut aktifitas yang ditawarkan dalam program itu sangat bervariasi sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir akan kekurangan kegiatan. Sebagai contoh, mahasiswa UII pada pemberangkatan P2A sebelumnya, seringkali diminta menampilkan pertunjukan kesenian Indonesia di sekolah-sekolah atau universitas.

Di waktu lain, mereka mengikuti program pengabdian masyarakat di wilayah yang membutuhkan bantuan. Mahasiswa UII juga banyak berdiskusi dengan mahasiswa setempat, tokoh masyarakat, dan penduduk lokal. Wiryono Rahardjo juga berpesan agar peserta menyiapkan stamina karena perjalanan sebagian besar ditempuh lewat jalur darat dan mereka akan sering berpindah-pindah tempat sehingga cukup menguras energi.

Sementara itu, Kepala Divisi Kerjasama UII, Sigit Pamungkas, SE., M.Com mengungkapkan program P2A memang ditujukan untuk mempersiapkan mahasiswa mengenal ASEAN sehingga mereka siap berkompetisi dalam pasar bebas ASEAN nantinya. Mahasiswa juga diajak untuk mengenal masyarakat di negara ASEAN lebih dekat baik tentang aspek budaya maupun sosialnya sehingga diharapkan dapat mengurangi kesenjangan budaya di antara mereka.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map