Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Anies Baswedan Sampaikan Kiat-Kiat Menjadi Pembelajar Sukses PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 11 August 2016

ImageKuliah perdana mahasiswa baru UII tahun ini memang sarat dengan pesan-pesan pembelajaran yang dapat dipetik oleh para pesertanya. Di samping diperkenalkan dengan kehidupan akademik di kampus, para mahasiswa baru juga diajak menyimak orasi yang disampaikan oleh tokoh nasional. Salah satunya adalah hadirnya tokoh inspiratif, Anies Baswedan yang tampil menyampaikan kuliah umum. Di depan para mahasiswa baru UII yang berkumpul di Auditorium Kahar Mudzakkir pada Kamis (11/8), Anies Baswedan mengajak para mahasiswa untuk berproses menjadi seorang pembelajar sukses.

Disampaikan Anies Baswedan, masa kuliah yang sebentar lagi akan dijalani oleh para mahasiswa baru merupakan masa emas yang tidak bisa terulang lagi. “Hari ini adik-adik menyandang status sebagai mahasiswa baru, ingat bahwa status kebaruan ini hanya berlaku untuk satu kali kesempatan saja. Oleh karena itu manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk menyusun langkah ke depan”, pesan inspirator pendidikan itu. Ia merasa terhormat diundang ke UII karena ayahanda beliau juga termasuk salah seorang pengajar di UII.

Masa-masa kuliah menjadi titik penting penentu masa depan karena setelah masa ini seseorang cenderung mengalami krisis jati diri akan menjadi seperti apa dirinya kelak setelah lulus kuliah. Hal ini sangat berbeda dengan kondisi seseorang setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah.

“Jadilah aktifis yang tidak hanya lantang suaranya di luar kampus namun juga lantang prestasinya di dalam kelas. Sebab kampus ini punya tradisi perjuangan aktifisme yang mendarah daging. Berderet-deret alumni UII yang dulunya mantan aktifis kini berkontribusi banyak bagi bangsa”, ujarnya lagi. Ia berpesan agar momen kuliah dimanfaatkan mahasiswa untuk banyak mencari aktifitas positif mengembangkan karakter dan potensi di luar kelas.

Selanjutnya di akhir kuliah umum, Anies Baswedan berpesan tentang beberapa kompetensi yang wajib dimiliki seseorang agar mampu bertahan di era abad 21. Hal pertama yang wajib dimiliki adalah karakter yang merujuk pada karakter moral dan karakter kinerja di mana keduanya harus seimbang.

Kompetensi ke-dua menyangkut besarnya rasa ingin tahu tentang hal-hal baru di sekelilingnya. Kompetensi ke-tiga berkaitan dengan literasi, minat, dan daya baca. Ia berharap mahasiswa UII menjadi insan yang mencintai bahan bacaan berkualitas. Sedangkan kompetensi terakhir adalah kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Kompetensi terakhir ini erat kaitannya dengan sejauh mana tingkat literasi seseorang.

“Mahasiswa sekarang adalah pemilik masa depan, yang lebih punya banyak hari esok dibanding hari kemarin. Kira-kira 30 tahun ke depan ketika Indonesia genap berusia 100 tahun, di manakah posisi Anda saat itu”, pungkasnya menyemangati.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map