Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Praktik Gatifikasi Bisa Terjadi di Bidang Kedokteran PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Saturday, 27 August 2016

ImageGratifikasi saat ini ramai dibicarakan di internal kalangan dokter dan tenaga kesehatan lainnya, seperti perawat, bidan dan apoteker. Banyak pemberitaan menerpa provesi kedokteran maupun tenaga kesehatan, yang mana kerap kali disebut tidak provesional dalam menjalankan praktiknya. Hal ini menjadi topik diskusi dalam penyelenggaraan Seminar Nasional “Gratifikasi Dalam Perspektif Hukum, Etika dan Profesionalisme Dokter dan Tenaga Kesehatan lainnya, di Gedung Prof. Dr. Sardjito UII, Jum’at (26/8).

Seminar Nasional terselenggara berkat kerjasama yang terjalin antara Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI), Asosiasi Klinik Indonesia (ASKLIN) dan UII. Sejumlah pakar dihadirkan, yakni Direktur Gratifikasi KPK RI, Widiyanto Eko Nugroho, Ketua MHKI Pusat, dr. M. Naser, Sp.KK., D.Law., Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DIY, dr. Bambang Suryono, Sp.An., KIC., M.Kes., KNA. serta Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) DIY, Wimbuh Dumadi, S.Si., Apt., M.H. Sementara Keynote Speech disampaikan oleh Irjen Kementerian Kesehatan RI, Drs. Purwadi, Apt.MM.,ME.

Disampaikan Endrio Susilo, S.H., M.C.L., selaku ketua panitia seminar naional, saat ini banyak tenaga kesehatan yang terlibat dalam pro dan kontra pendapat terhadap grativikasi. Ia menuturkan, sebagian tenaga kesehatan tidak dapat membedakan mana gratifikasi, mana suap serta yang tidak termasuk dalam dua hal tersebut.

Endrio Susilo yang juga Ketua MHKI DIY menyampaikan, praktik gratifikasi di bidang kedokteran dan layanan kesehatan bisa berujung tidak pidana korupsi, melalui gratifikasi suap yang tertera dalam UII no 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi. Namun menurutnya,  di kalangan provesi kesehatan isu ini menjadi tidak jelas dan terkadang membingungkan, apalagi hal ini juga di khawatirkan akan munculnya pandangan negatif dari masyarakat umum terhadap kalangan dokter dan tenaga kesehatan.

“Melalui acara ini diharapkan tenga dokter dan tenaga kesehatan lainnya akan lebih provesional dan tidak terkena tindak pidana korupsi,” ungkap Endrio Susilo.

Disampaiakan Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., perlu untuk disadari bahwa pemberian-pemberian yang kaitannya dengan penugasan maka itu adalah pemberi tugas bukan yang diberi tugas. Lebih lanjut disampaikan Dr. Harsoyo, sebagai lembaga pendidikan, UII senantiasa mendukung upaya-upaya pemerintah dan siap bekerjasama dalam upaya mencegah terjadinya praktik-praktik korupsi.

“UII dalam perjalanannya terus berupaya mendidik praktisi-praktisi hukum, dokter serta tenaga kesehatan lainnya yang berkualitas dan berintegritas, yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam serta kode etik profesi masing-masing,” paparnya. Dr. Harsoyo, menambahkan, di antara alumni UII yang dikenal tegas dalam memberantas korupsi adalah Artidjo Alkostar dan Busyro Muqoddas. Selain itu setiap pelaksanaan wisuda, UII berupaya mengingatkan alumninya untuk bersedia tidak melakukan praktik korupsi.

Sementara disampaiakan Drs. Purwadi, Apt. MM., ME., gratifikasi adalah pemberian uang, komisi pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma dan fasilitas lainnya baik yang diterima di dalam negerri maupun di luar negeri yang dan yang dilakukan dengan dengan menggunakan sarana elektronik atau tanpa sarana elektronik yang berhubungan dengan jabatan atau kewenangan.

Sementara gratifikasi yang dianggap suap seperti disampaikan Purwadi terkait sponsorship menurut Purwadi yakni segala bentuk kegiatan yang dilakukan, diorganisasi atau diseponsori oleh perusahaan obat, perusahaan alat kesehatan, atau perusahaan lainnya untuk tujuan promosi produknya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map