Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII PTS Terbaik Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Sunday, 28 August 2016

ImageUniversitas Islam Indonesia (UII) menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik tingkat nasional berdasarkan Hasil Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi tahun 2013-2015 oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Pada penilaian yang dirilis pada 18 Agustus 2016, menempatkan UII pada peringkat pertama di antara PTS (PTS) dan ke-16 secara keseluruhan baik PTS maupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Posisi UII pun meningkat masuk pada kelompok Mandiri di mana sebelumnya UII berada di kelompok Utama saat dirilis pada 2012 yang lalu.

Demikian seperti disampaikan Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc di hadapan awak media yang hadir dalam jumpa pers di Gedung Perpustakaan Terpadu UII, Sabtu (27/8). “Terdapat kategori kelompok Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi yakni kelompok Mandiri, Utama, Madya dan Binaan. Masing-masing level terdapat kewenangannya masing-masing. Seperti pada kelompok Mandiri memiliki kesempatan memperoleh dana yang paling besar, hingga mencapai 25 milyar”, katanya. Turut hadir dalam acara tersebut Direktur DPPM UII, Prof. Akhmad Fauzy, S.Si, M.Si, Ph.D.

Manfaat lain pada kelompok Mandiri adalahi dua reviewer penelitian bisa dari lingkungan Perguruan Tingginya sendiri. Namun demikian semua penelitian yang dilakukan harus mengacu pada keunggulan Perguruan Tinggi masing-masing (Renstra Penelitian PT) serta ketua penelitinya harus bergelar Doktor. Sementara pada kelompok Utama maksimal keseluruhan dananya kurang lebih sebesar 10 milyar. Pada hasil penilaian saat ini terdapat 25 Perguruan Tinggi yang masuk pada kelompok Mandiri, 73 Utama dan Madya 160 serta 1219 PT binaan.

Sementara itu, Dirjend Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Dr. Muhammad Dimyati mengatakan bahwa hasil Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi oleh Kemristekdikti mengacu pada delapan kriteria yakni: renstra penelitian, jurnal internasional bereputasi, jurnal terakreditasi, jurnal non terakreditasi, buku ajar, Hak  Kekayaan Intelektual (HKI), prototype dan Teknologi Tepat Guna (TTG). “Delapan kriteria penilaian ini selama tiga tahun dilaporkan di simlitabmas.ristekdikti.go.id. Pada penilaian 2016 kurang lebih terdapat 1.400 Perguruan Tinggi melakukan input data dan telah dinilai”, ujarnya. Ia juga mengapresiasi peningkatan prestasi UII di bidang tersebut di mana UII kini telah masuk kategori mandiri.

Ketua Kopertis Wilayah V DIY, Dr. Bambang Supriyadi, CES, DEA yang hadir pada kesempatan itu juga menyebut bahwa selama ini UII menjadi salah satu PTS penyumbang peneleitian terbesar di wilayahnya. “Saya berharap hasil penelitian UII juga dapat berkontribusi terhadap pengembangan potensi daerah, khususnya terkait dengan keistimewaan DIY”, ucapnya.

Penelitian di UII sendiri mengacu pada Renstra Penelitian UII 2016-2020 dengan tema pokok: peningkatan kehidupan masyarakat madani dan lestari. Tema ini diuraikan ke dalam 7 (tujuh) bidang unggulan penelitian yakni pertama; pengembangan model peningkatan kualitas hidup Islami, kedua; sistem penyelenggaraan negara anti kejahatan kemanusiaan berbasis keadilan, ketiga; pengembangan industri ekonomi kreatif berbasis wirausaha dan etika berdaya saing global.

Keempat; pengembangan pemukiman yang cerdas, lestari, dan tanggap bencana, kelima; pengembangan virtual environment untuk pendidikan, pemerintahan dan bisnis, keenam; pengembangan teknologi kesehatan untuk pencegahan, diagnostik dan terapeutik, ketujuh; pengembangan minyak atsiri dan fitofarmaka untuk peningkatan kesehatan.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map